TANGANI SENGKETA PEMILU- Peradi Siapkan 250 Advokat


Para advokat Peradi dilantik sebelum menjalankan pengambilan sumpah oleh PT Yogya. (MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)
Para advokat Peradi dilantik sebelum menjalankan pengambilan sumpah oleh PT Yogya. (MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)

SEWON (MERAPI) – Untuk membantu dalam penyelesaian sengketa pemilu, Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia (DPN) Peradi telah menyiapkan advokat di setiap daerah di Indonesia. Ada sebanyak 250 advokat telah dididik dan dibekali untuk membantu dalam menyelesaikan sengketa pemilu.

“Menghadapi pemilu tahun ini kami telah membekali 250 advokat di seluruh Indonesia. Diharapkan ketika nanti terjadi sengketa pemilu advokat Peradi siap untuk memberikan bantuan,” ujar Ketua DPN Peradi, Fauzi Yusuf Hasibuan SH kepada wartawan usai pelantikan dan pengambilan sumpah advokat Peradi di Pengadilan Tinggi (PT) Yogya, Kamis (4/4).

Untuk itu DPN Peradi bersama Mahkamah Konstitusi (MK) telah menjalin kerja sama dalam pembekalan bagi advokat dalam menangani kasus sengketa pemilu. Karena dalam penanganan sengketa pemilu berbeda dengan kasus atau perkara lain sehingga membutuhkan keahlian tersendiri.

“Kami bersama-sama MK telah membekali 250 advokat dari berbagai daerah untuk menangani sengketa pemilu. Kalau ada sengketa tidak begitu sulit mencari advokat profesional untuk melakukan gugatan pemilu,” imbuh Fauzi menjelaskan.

Dijelaskan, untuk pemilu tahun 2019 merupakan pemilu serentak pertama yang dilakukan yakni pemilihan legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres). Sehingga tak dipungkiri dengan banyaknya kepentingan dalam pemilu tersebut tentu akan menimbulkan banyak permasalahan atau sengketa.

“Sehingga sejak awal kami telah membekali dan mendidik advokat ketika menangani sengketa pemilu tersebut. Termasuk advokat dari Yogyakarta telah ikut dalam pembekalan yang kami lakukan,” jelas Fauzi.

Untuk itu, DPN Peradi mengapresiasi pengurus DPC Peradi di kabupaten/kota di DIY yang telah mengirimkan wakilnya dan kali ini telah sukses dalam melantik advokat baru. Ini akan menjadi kekuatan bagi Peradi dalam menghadapi persaingan ke depan. Meski begitu pihaknya tetap meminta agar advokat Peradi selalu menjaga kode etik dan siap membantu rakyat miskin ketika membutuhkan bantuan hukum.

Sementara Ketua DPC Peradi Kota Yogyakarta, Irsyad Thamrin SH MH mengatakan, dalam pelantikan dan pengambilan sumpah advokat kali ini tergolong cukup banyak dibanding dengan sebelumnya. Setidaknya ada sebanyak 98 advokat yang mengikuti pelantikan dan pengambilan sumpah di PT Yogyakarta. Meski begitu Peradi menjamin kualitas advokat karena dilakukan seleksi dengan sangat ketat. (C-5)


Pin It on Pinterest

Read previous post:
Gesty Prabowati,
Gesty Prabowati (Caleg DPR RI): Menggugah Milenial Cinta Koperasi ala Pak Harto

YOGYA (MERAPI) - Bagaimana memperkenalkan program ekonomi kerakyatan ala Pak Harto kepada generasi milenial? Tanyakan jawabnya pada Gesty Prabowati, calon

Close