Datang ke Gebyar Pesona Budaya Garut, Cicipi Juga Kulinernya

Sajian kuliner di Garut. (Source)

GARUT (MERAPI)- Gebyar Pesona Budaya Garut (GPBG) akan kembali hadir 6-7 April 2019. Acara Pemerintah daerah bersama Kementerian Pariwisata (Kemenpar) ini akan dipenuhi kegiatan seni budaya yang menarik. Lalu bagaimana kulinernya? Jangan diragukan lagi, dijamin lezat-lezat.

“Garut itu paket lengkap berwisata. Mau liburan seperti apa, Garut punya semua. Pegunungan, air terjun, laut ada semua di Garut. Udaranya juga sejuk, tak salah jika Garut dijuluki “Swiss Van Java”. Maka dari itu kulinernya juga jadi luar biasa. Bukan hanya dodolnya saja yang enak,” kata Menpar Arief Yahya, di Jakarta, Rabu (3/4/2019).

Ucapan Menpar memang benar. Yang tidak kalah seru adalah tempat makannya yang bervariasi dan kaya akan menu kuliner khas. Ini menambah #GebyarPesonaBudayaGarut2019 makin lengkap. Mau tahu tempat tempat makan yang patut untuk jadi rekomendasi di Garut? berikut daftar 10 tempat kuliner terbaiknya:

Pertama, Pujasega Family Restaurant. Beralamat di jalan Oto Iskandar Dinata No.64A, restoran ini menyajikan berbagai menu makanan khas sunda. Makanan yang jadi andalan dan disukai banyak pengunjung adalah nasi goreng, ayam bakar serta gulai tutut.

Untuk tempat duduk, kita bisa memilih di meja atau makan secara lesehan di bale bale. Selain makanannya enak, tempat ini juga cocok untuk bersantai. Ada tamannya yang indah dilengkapi dengan kolam yang ikannya besar besar. Tempat yang asik dikunjungi bersama keluarga.

Kedua Rumah Makan Cibiuk. Pulang ke Garut sepertnya belum afdol jika belum makan sambal cibiuk khas garut yang sudah terkenal itu. Maka disinilah tempatnya. Terletak tidak jauh dari tempat makan yang pertama, rumah makan cibiuk ada di Jalan Oto Iskandar Dinata nomor 321 Garut.

Disini salah satu kelebihannya adalah tempatnya yang luas serta ada taman bermainnya untuk anak anak. Selain sambal cibiuk, ada juga makanan khas sunda yang jadi andalan yaitu ayam bumbu dan minuman es kopyor dengan degan dan durian. Rumah makan yang ramah untuk keluarga serta ada pilihan duduk di kursi atau memilih santai di bale bale lesehan.

Ketiga, Graha Sindang Reret. Tempat makan ini terletak di Jalan Patriot 13-14, Tarogong Garut. Bangunannya cukup luas dan sering di pakai untuk acara acara besar. Mau datang bersama 20 an orang atau lebih pun tidak masalah. Kita juga bisa melakukan reservasi terlebih dahulu jika akan datang bersama rombongan berjumlah banyak. menyajikan kuliner kuliner khas sunda, aneka sup serta olahan daging ikan menjadi daya tarik utama di tempat makan yang satu ini.

Keempat, Mie Bakso Parahyangan. Banyak yang berpendapat bahwa tempat makanan ini menjadi salah satu yang wajib di kunjungi ketika berkunjung ke Garut. Pasalnya, mie bakso parahyangan merupakan yang paling enak di Garut. Orang yang asalnya dari Garut saja kalau mudik pasti menyempatkan diri untuk mampir makan disini.

Bakso ini terletak di jalan Ciledug No 35. Mengantri adalah hal yang wajib disini. Soalnya peminatnya banyak sehingga harus menunggu makanan dihidangkan. Menu yang banyak disukai adalah mie yamin manis plus siomay. Selain porsinya gede, kuahnya juga mantab.

Berikutnya, Rumah Makan Sari Cobek Cangkuang. Menu yang menjadi favorit di rumah makan khas sunda yang satu ini adalah gurami cobek. Selain bumbu nya kuat, sayuran yang di pakai di menu menu kuliner di restoran ini juga fresh. Belum lagi pemandangan di sekitar restoran yang bagus banget buat bacground foto- foto selfie. Selain rumah makan, sari cobek cangkuang ini juga menyediakan tempat menginap lho. Letaknya ada di tempat wisata Situ Cangkuang, Garut Jawa Barat.

Keenam, Jemani Resto. Tempat makan rekomended selanjutnya adalah Jemani Resto. Tempat makan ini menyediakan menu menu makanan khas Asia dan Indonesia. harga menu makanan di resto ini standar tidak terlalu mahal.

Menu yang paling banyak disukai oleh para pengunjung adalah Gurame bumbu berontak dan Tahu Jemani. Ada juga menu udang saos padang, nasgor seafood yang yummy serta aneka soup. Selain menu makananya enak, tempatnya juga cukup romantis untuk diner berdua bersama pasangan.

Ketujuh, Sate Marangi Pa’ Nur, Garut. Tempat makan ini terletak di Jalan Raya Samarang No 119, Garut, Jawa Barat. Tempatnya cukup strategis karena ada di pinggir jalan menuju banyak tempat wisata di garut seperti objek wisata Kamojang Green Resort, Kampung Sampireun, Kebun Mawar Situ Hampa dan masih banyak lagi.

Daging satenya empuk. Selain enak, harga seporsi satenya tetap terjangkau dan termasuk ramah untuk para wisatawan. Untuk jenis satenya ada 3 pilihan yaitu daging ayam, daging kambing dan daging sapi. Banyak pengunjung yang berpendapat bahwa daging sapilah yang paling enak.

Kedelapan, D’Anclom Bistro dengan Konsep yang Tiada Duanya. Siapa yang tidak kenal dengan tongkrongan ini, D’Anclom Bistro spot hangout yang mengusung konsep paduan retro modern. Menu yang disajikan di tempat ini cukup komplit, Anda juga bisa milih tempat duduk mau di latai atas dengan konsep outdor atau di lantai dasar yang kental nuansa restronya. Buat yang mau ke sini, datang saja ke alamat ini Jalan Cimanuk No. 38C, Jayawaras, Tarogongkidul.

Kesembilan, Unik dan Asyik The Roompie Cafe. Jika dilihat dari luar, memang tidak terbilang sederhana namun jika sudah masuk, pasti betah dan mau berlama-lama di dalam. Pemilik The Roompie Cafe mengubah dingding dengan ornamen yang khas dan unik, lebih nyentrik dan identik dengan komunitas tertentu. Bukan hanya itu, The Roompie Cafe juga menyediakan menu yang tak kalah mumpuni dan lengkap. Alamatnya di Jl. Cimanuk No.4, Sukagalih, Tarogongkidul.

Terakhir, Santai Seru di Caffe Angkringan Merdeka. Caffe Angkringan Merdeka yang beralamat di Jl. Merdeka No 110, Haurpanggung, Tarogongkidul, juga lah satu tempat nongkronya anak muda Garut. Seperti namanya, menu yang disajikan sangat sederhana namun cukup lengkap. (*)

Read previous post:
Kementan Beri Bantuan Alsintan Petani Pesisir Selatan Senilai Rp 590 Juta

PESISIR SELATAN (MERAPI) - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) menyerahkan bantuan alat mesin pertanian

Close