Gencarkan Sport Tourism, Batam Gelar Trail Run 5 Km

BATAM (MERAPI) – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam bekerjasama dengan Objek Wisata Tebing Langit akan menggelar Event ‘Batam Trail Run 5 Km’ dan Famtrip Media Partner sebagai bentuk konkret untuk memajukan wisata alam Batam.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Batam, Ardiwinata mengatakan, di Batam, Minggu (31/3/2019), ‘Batam Trail Run 5 Km akan dilaksanakan di Objek Wisata Tebing Langit, di Jl. Ir. Sutami Patam Lestari, Sekupang, Kota Batam, Kepulauan Riau, Minggu (7/4) mendatang. Pesertanya antara lain dari komunitas, masyarakat umum, dan wisatawan macanegara yang bekerjasama dengan travel agent dan asosiasi kepariwisataan.

“Batam dikelilingi oleh pegunungan atau perbukitan yang indah, dipenuhi pepohonan hijau yang juga menantang untuk didaki. Namun, masih jarang masyarakat bisa merasakan keindahan alam Batam yang masih eksotis ini. Dengan adanya ‘Batam Trail Run 5 Km’, mudah-mudahan masyarakat bisa menikmati semua itu,” ujarnya..

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani mengatakan, salah satu strategi promosi pariwisata adalah dengan menggelar event wisata. Contohnya seperti ‘Batam Trail Run 5 Km’ yang sebentar lagi digelar. Menurutnya, kegiatan ini bisa menjadi alat untuk sekaligus memperkenalkan potensi wisata Batam.

“Kita harus jeli melihat peluang. Event lokal maupun internasional harus digelar supaya pengunjung potensial bisa mengenal tempat wisata yang ada di Kota Batam. Melalui event sport tourism ‘Batam Trail Run 5 Km’, akan mempermudah menarik pengunjung dari segala kalangan, lokal maupun mancanegara,” jelasnya, didampingi Asdep Bidang Pemasaran I Regional I Kemenpar Dessy Ruhati.

Sesuai susunan acara, ‘Batam Trail Run 5 Km’ akan dimeriahkan pula dengan beberapa kegiatan pendukung seperti Lomba Foto, Lomba Mewarnai Anak-anak, Lomba Kicau Burung, serta Bazar Kuliner dan produk UKM.

Khusus ‘Batam Trail Run 5 Km’, peserta dibagi dalam dua kategori yaitu remaja (usia 16 tahun ke bawah) dan dewasa (usia 17 tahun ke atas). Adapun target peserta, yaitu 1.500 orang, dimana 300 diantaranya merupakan peserta asing atau wisatawan mancanegara.

Sebagai reward, panitia telah menyiapkan hadiah total Rp77 juta. Dengan rincian Juata I kategori Dewasa mendapat hadiah Rp10 juta, Juata II Rp8 juta, Juara III Rp5 juta, dan Juara IV Rp3 juta. Sedangkan untuk kategori remaja, Juara I mendapat Rp4 juta, Juara II Rp3 juta, Juara III Rp2 juta, dan Juara IV Rp1 juta.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menjelaskan, sport tourism menjadi salah satu konsep yang cukup berhasil menarik wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Sport tourism bukan hanya sebagai pelengkap jenis wisata lain, tetapi benar-benar bisa diandalkan seperti halnya wisata seni budaya, wisata kuliner, dan lain-lain.

“Kita yakin, sport tourism tidak hanya diikuti para peserta lomba, tetapi akan ada pihak lain yang turut dalam kegiatan tersebut. Misalnya keluarga, pelatih, dan atau official. Ini juga harus kita gencarkan agar target kunjungan wisman sebesar 20 juta sepanjang tahun 2019 dapat tercapai,” jelasnya. (*)

Read previous post:
RUDI WIDODO RESMI BERSERAGAM PSS – Sriwijaya FC Incar Zamzani

SLEMAN (MERAPI) - Sriwijaya FC dikabarkan tengah berupaya memboyong bek PSS Sleman, Zamzani. Penampilan Zamzani membuat pelatih kepala Sriwijaya FC,

Close