TAHU PIN DARI HP KORBAN – Tarik Rp 18,6 Juta dari Kartu ATM Curian

MERAPI-BAGUS S FS pelaku pencurian di rumah tetangga.
MERAPI-BAGUS S
FS pelaku pencurian di rumah tetangga.

KEBUMEN (MERAPI) – Layaknya uangnya sendiri, FS (27), warga Desa Tanggeran, Kecamatan Sruweng, Kabupaten Kebumen, melakukan penarikan uang tunai hingga 14 kali dengan kartu ATM yang dicuri dari rumah tetangga. Total uang yang diambil Rp 18,6 juta. FS mengaku nekat mencuri karena terdesak kebutuhan untuk menyekolahkan anak dan modal usaha jualan nasi goreng.

FS bisa leluasa memanfaatkan kartu ATM setelah mengetahui personal identification number (PIN) yang disimpan di handphone korban. FS juga mengambil gelang emas seberat 6 gram berikut surat pembelian yang disimpan di dalam almari.

Keterangan Kasubag Humas Polres Kebumen AKP Suparno, korban tidak langsung mengetahui rumahnya dimasuki pencuri karena FS masuk rumah dengan memanfaatkan kunci yang disimpan di ventilasi pintu. Pelaku juga tidak mengacak-acak isi rumah, termasuk almari tempat kartu ATM dan gelang emas disimpan.

“Kebiasaan korban menyimpan kunci di ventilasi pintu, sudah diketahui pelaku. Dengan kunci tersebut, pelaku masuk rumah ketika ditinggal semua penghuninya. Sebelum pergi, pelaku kembali mengunci pintu, dan kunci ditaruh lagi di tempat semula,” ungkap AKP Suparno bersama Kapolsek Sruweng AKP Tri Sudjarwadi, Selasa (26/3).

Sebelum pergi, pelaku membuka handphone korban yang ditinggal di rumah. Dari handphone yang ditaruh lagi di tempat semula, pelaku mengetahui PIN kartu ATM korban. “Sudah 14 kali pelaku memanfaatkan kartu ATM milik korban dengan total uang yang diambil Rp 18,6 juta. Penarikan pertama, Rp 500 ribu di ATM yang ada depan pasar swalayan di Karanganyar. Penarikan berikutnya, di sejumlah ATM,” jelas AKP Suparno.

Setelah sekitar satu bulan, korban baru menyadari rumahnya dimasuki pencuri ketika hendak menggunakan gelang emasnya berikut kartu ATM yang disimpan di dalam almari. Lebih kaget lagi ketika dicek ke bank, ternyata dari saldo semula Rp 44 juta, ada penarikan uang melalui ATM sebesar Rp 18,6 juta dengan tanpa sepengetahuannya. Korban pun melaporkan ke Polsek Sruweng. “Dari hasil penyidikan, mengarah pada FS. Aksi pelaku di ATM juga terekam CCTV,” lanjut AKP Tri Sudjarwadi. (Skm)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
TIDAK LAKSANAKAN RAT DUA TAHUN BERUNTUN – Dinas KUKMP Bantul Bubarkan 153 Koperasi

BANTUL (MERAPI) - Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (KUKMP) Kabupaten Bantul menyatakan, hingga tahun 2018 sebanyak 153 koperasi

Close