Tim Pengawasan Orang Asing Kecamatan se-Kulonprogo Dibentuk

MERAPI-AMIN KUNTARI
Pengukuhan Tim Pora di Kompleks Pemkab Kulonprogo.

WATES (MERAPI) – Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) Kantor Wilayah DIY mengukuhkan Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) tingkat kecamatan se-Kulonprogo di Ruang Sermo Kompleks Pemkab Kulonprogo, Kamis (21/3). Pengukuhan Tim Pora dilakukan Kepala Kanwil Kemenkumham DIY, Karismono.

Saat menyampaikan sambutannya dalam acara pengukuhan, Staf Ahli Bupati Kulonprogo, Arif Sudarmanto mengapresiasi serta mendukung langkah pengukuhan Tim Pora di Kulonprogo. Menurutnya, pengawasan orang asing harus dilaksanakan secara serius.

“Baik secara administratif maupun di lapangan untuk mendapatkan informasi secara faktual. Pengawasan bukan hanya dilakukan kantor imigrasi saja, namun juga melibatkan sejumlah instansi terkait dan masyarakat,” katanya.

Kepala Kanwil Kemenkumham DIY Karismono mengatakan, Tim Pora tingkat Kecamatan di Kulonprogo yang dikukuhkan berjumlah 48 orang. Mereka terdiri atas pihak kecamatan, Polsek, Koramil dan sebagainya. “Sudah selayaknya Kuloprogo memiliki tim pengawasan orang asing karena akan ada bandara baru,” katanya.

Pembentukan Tim Pora dilakukan lantaran sudah cukup banyak orang asing yang sampai ke pelosok desa. Karena itulah, dibutuhkan pengawasan serius sampai ke tingkat kecamatan.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Yogyakarta, Sutrisno menambahkan, pembentukan Tim Pora dimaksudkan untuk mewujudkan pengawasan keimigrasian yang terkordinasi dan menyeluruh terhadap keberadaan dan kegiatan orang asing di wilayah Indonesia. Dasar hukumnya yakni Pasal 69 UU Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.

“Tugas dan fungsi Tim Pora adalah memberikan saran dan pertimbangan kepada instansi atau lembaga pemerintahan terkait, mengenai hal yang berkaitan dengan pengawasan orang asing,” jelasnya. (Unt)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Dinkes Yogya Deteksi Dini Gejala TB Lewat Ketuk Pintu

UMBULHARJO (MERAPI) - Sebanyak 81 orang warga Kota Yogyakarta terindikasi mengalami gejala penyakit Tuberculosis (TB). Hal itu berdasarkan hasil deteksi

Close