BUPATI RESMIKAN PROYEK JALAN DAN JEMBATAN SENILAI RP 119,5 M – Masyarakat Bisa Hentikan Kendaraan Lebihi Tonase

MERAPI-ATIEK WIDYASTUTI H Bupati Sleman menandatangani prasasti peresmian jalan dan jembatan.
MERAPI-ATIEK WIDYASTUTI H
Bupati Sleman menandatangani prasasti peresmian jalan dan jembatan.

PRAMBANAN (MERAPI) – Masyarakat dapat menghentikan kendaraan yang sedang melintas dengan tonase berlebih. Apalagi jika jalan yang dilalui ternyata tidak diperuntukkan bagi kendaraan berat.

“Itu bagian dari perawatan. Karena jalan itu ada kelas-kelasnya. Kalau kendaraan berat melintas di jalan yang tidak sesuai kelasnya, pasti akan cepat hancur,” tegas Bupati Sleman Sri Purnomo ketika meresmikan 15 ruas jalan dan empat jembatan di Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Tebing Breksi Sambirejo Prambanan Sleman, Kamis (14/3).

Selain itu kepada pengendara bupati juga mengimbau agar mereka paham. Kalau jalan itu ada kelas-kelasnya. Jadi tidak sembarangan truk dapat melewati semua ruas jalan.

Ketika disinggung upaya yang bisa dilakukan masyarakat agar tidak terkesan anarkis, bupati menegaskan kalau bisa melalui tokoh masyarakat. Atau dengan memasang rambu lalu lintas di jalan.

“Rambu inilah yang harus ditaati semua pengendara. Karena sopir pasti tahu jalan yang dia lalui untuk tonase berapa. Jangan dilanggar,” imbuhnya.
Lebih lanjut bupati menambahkan, jika masyarakat menemukan ada jalan rusak dapat langsung melaporkan ke pemerintah. Tidak perlu menunggu kerusakannya parah baru dilaporkan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPKP) Sleman Sapto Winarno menuturkan, pengerjakan 15 ruas jalan dan empat jembatan ini adalah proyek tahun 2018 lalu dengan dana sebesar Rp 119,5 miliar. Untuk wilayah perbukitan, pengerjaan di wilayah perbukitan dengan dicor. Meski menahan biaya lebih tinggi, namun umurmu bisa lebih lama.

“Memang cor ke mahal. Namun usianya dapat tujuh kali lipat lebih lama dibanding aspal biasa. Untuk jalan ini kita perkirakan usianya bisa sampai 20-25 tahun. Terkait pemeliharaan lebih ke marka jalan saja,” ujarnya. (Awh)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
MELAWAN PERSIJA BESOK – Seto Tak Siapkan Siapkan Strategi Khusus

SLEMAN (MERAPI) - Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro menyatakan tidak menyiapkan stratego khusus saat menghadapi Persija Jakarta pada laga terakhir

Close