Normalisasi Sungai Juwana Rp 40 M

Wakil Bupati Pati, H Saiful Arifin SE mengecek sarpras penanggulangan kebakaran di kapal Juwana. (Foto/Alwi Alaydrus).
Wakil Bupati Pati, H Saiful Arifin SE mengecek sarpras penanggulangan kebakaran di kapal Juwana. (Foto/Alwi Alaydrus).

PATI (MERAPI) – Pemerintah pusat menggelontorkan bantuan RP 40 miliar untuk menormalisasi Sungai Juwana. “Tetapi, untuk teknis dan jadwal pengerjaan, ditangani Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juwana. Pemkab Pati hanya menerima pemanfatan”. Demikian ditegaskan Bupati Pati, H Haryanto SH MM MSi, Rabu (13/3).

Menurutnya, untuk pengerjaan normalisasi sungai Juwana, sebenarnya dibutuhkan anggaran Rp 1 triliun. Namun bantuan Rp 40 miliat akan langsung untuk normalisasi yang akan mulai dikerjakan April mendatang, berupa pengerukan sejauh 5 kilometer, mulai dari jembatan ke utara. Dengan ukuran lebar 80-100 meter dari tempat pemukiman.

“Hasil evaluasi, hingga kini rencana normalisasi, tidak ada persoalan. Pemkab menyediakan tempat pembuangan material (hasil pengerukan) di lahan seluas 7 hektar” ucapnya.

Sementara itu, Kepala DKP Pati, Edy Martanto berharap, agar pada pelaksanaan normalisasi, dapat mengambil bangkai kapal yang ada di dalam sungai. “Sebenarnya, pemilik kapal, wajib mengambil bangkai kapal. Tetapi selama ini mereka diam saja”, ujarnya.

Kebakaran Kapal

Sementara itu, untuk menghindari adanya musibah, pemkap Pati menggelar simulasi pemadaman kebakaran kapal di sungai Juwana.

Menurut wakil bupati H Saiful Arifin SE, jumlah kapal ukuran diatas 30 GT, yang bersandar di sungai Juwana, mencapai 800 buah. “Sehingga perlu kedisiplinan dalam menata kapal” katanya.

“Kalau perawatan salah, bisa mengakibatkan kejadian kebakaran kapal. Dan jika sampai terjadi kebakaran, bisa merambat ke kapal lain” ujarnya.

Kepala Pelabuhan Perikanan Pantai Bajomulyo, Saptiwi Mumpuni mengatakan sesuai peraturan Menteri Kelautan Perikanan RI No. 8 tahun 201. Yaitu berupa pengaturan, pembinaan pengendalian, pengawasan, keamanan, serta keselamatan operasional kapal perikanan di pelabuhan. Dan melakukan penyediaa jasa kapal perikanan. (Cuk)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Dinsos Bagikan Motor untuk Pendamping PKH

KARANGANYAR (MERAPI) - Dinas Sosial Kabupaten Karanganyar membagikan 22 unit sepeda motor ke petugas pendamping program keluarga harapan (PKH). Sarana

Close