JELANG PEMILU 2019 – Ratusan Personel Satlinas Pakem Pawai

MERAPI-ATIEK WIDYASTUTI H Personel Satlinmas Kecamatan Pakem pawai menggunakan sepeda motor.
MERAPI-ATIEK WIDYASTUTI H
Personel Satlinmas Kecamatan Pakem pawai menggunakan sepeda motor.

SLEMAN (MERAPI) – Ratusan personel satuan perlindungan masyarakat (satlinmas) Kecamatan Pakem menggelar apel gelar pasukan menjelang Pemilu serentak di halaman kantor kecamatan setempat, Selasa (12/3). Setelah apel, dilanjutkan dengan pawai menggunakan sepeda motor melewati lima desa di Kecamatan Pakem.

Gelar pasukan ini dipimpin oleh Camat Pakem Suyanto. Pihaknya berpesan kepada seluruh satlinmas untuk bersama-sama ikut mensukseskan Pemilu 2019 nanti. Tidak hanya satlimas, seluruh elemen masyarakat juga dapat terlibat dan berperan aktif untuk mengamankan jalannya pesta demokrasi lima tahunan ini. Hal ini juga sesuai dengan Peraturan Menteri Nomor 10/2009.

“Disebutkan Satlinmas memiliki tugas penanganan ketentraman, ketertiban dan keamanan penyelenggarakan Pemilu. Jadi peranan satlinas sangat penting demi keamanan, ketertiban dan kelancaran pelaksanaan pesta demokrasi. Namun tetap harus berkoordinasi dengan petugas TNI, kepolisian serta PPK, PPS dan KPPS,” katanya.

Dalam Pemilu nanti, total satlinmas di Kecamatan Pakem ada 340 personil. Mereka dibagi tugas di TPS ada 250 personil. Ini menyesuaikan dengan jumlah TPS di Kecamatan Pakem ada 125 TPS. Dimana satu TPS ada dua satlinmas yang bertugas. Satlinmas yang tugas di desa ada 60 personil dan 30 lainnya tugas di kecamatan.

Untuk satlinmas yang bertugas di TPS, Camat Pakem menerangkan beberapa tugas sesuai dengan Permendagri tersebut. Menjaga dan memelihara ketentraman, ketertiban dan keamanan di TPS. Tak lupa harus tetap berkoordinasi dengan instansi terkait. “Tugas lain yang tidak kalah penting adalah membantu membersihkan tanda gambar di sekitar TPS, mengamankan barang-barang keperluan TPS serta mengamankan perhitungan suara dan mengawal kotak suara sampai ke PPK atau kecamatan,” urainya.

Hal yang perlu ditekankan, Satlinas untuk menjaga netralitas dalam pelaksanaan Pemilu. Perlu disadari, tantangan dalam menciptakan suasana yang aman, nyaman dan sejuk di wilayah Pakem dan sekitarnya memang cukup berat. “Untuk itu mari kita menjaga kekompakan dalam mewujudkan Pakem yang nyaman, aman dan tetap sejuk. Agar jalannya roda pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan berjalan sesuai dengan yang kita inginkan,” harap camat.

Usai gladi, mereka pawai dengan mengendarai kendaraan roda dua. Di barisan depan, jajaran Muspika Pakem menggunakan jip. Diikuti dibelakangnya semua personil satlinmas. (Awh)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Bantuan Keuangan Parpol Mulai Diperiksa

SLEMAN (MERAPI) - Bantuan keuangan bagi 9 partai politik (parpol) di Kabupaten Sleman mulai diperiksa Tim Auditorat DIY. Agenda tersebut

Close