Penyortir dan Pelipat Surat Suara Pemilu Diminta Cermat

Surat suara DPR RI untuk Pemilu 2019 di Kota Yogyakarta mulai disortir dan dilipat di gudang KPU setempat. (MERAPI-TRI DARMIYATI)

UMBULHARJO (MERAPI) – Surat suara DPR RI untuk Pemilu 2019 di Kota Yogyakarta mulai disortir dan dilipat Rabu (13/3). Para petugas diminta cermat dan teliti saat menyortir surat suara sebelum dilipat.

“Kami tekankan kepada petugas harus teliti dan cermat saat menyortir surat suara. Tidak tergesa-gesa langsung dilipat. Jangan sampai salah dapil,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta Hidayat Widodo di gudang KPU Yogyakarta, Rabu (13/3).

Menurutnya ketelitian dalam mensortir surat suara penting agar memenuhi kriteria kelayakan surat suara. Mengacu aturan surat suara yang terdapat noda besar, berlubang, terlipat, berkerut banyak harus disortir karena tak memenuhi kriteria kelayakan.

“Dari hasil sortir dan lipat sementara kami temukan dua surat suara yang disortir karena tidak sesuai kriteria. Satu surat suara ada lubang kecil lipatan dari percetakan dan satunya berkerut,” terangnya.

Total ada 319.659 surat suara DPR RI yang telah diterima KPU Yogyakarta. Jumlah itu sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan surat suara cadangan 2 persen di tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS). Selain itu ada 1.000 surat suara DPR RI untuk pemungutan suara ulang.

“Jika ada kekurangan surat suara kami akan koordinasikan dengan KPU RI,” ujar Hidayat

Dalam pelipatan surat suara DPR RI tersebut melibatkan sekitar 40 petugas yang direkrut Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Petugas akan mendapatkan upah berkisar Rp 125-Rp 150 perlembar. Pihaknya akan mengevaluasi capaian kinerja petugas untuk meraih target waktu selesai.

“Target kami tujuh hari ke depan sortir dan lipat surat suara DPR RI bisa selesai karena kami juga masih menunggu empat jenis surat suara lainnya. Jika kurang kami akan tambah petugas,” tambahnya.

Salah seorang petugas sortir dan lipat, Afif mengaku tidak sulit dalam melipat surat suara. Namun dia harus mencermati surat suara dengan teliti. “Tidak sampai satu menit lipatnya. Sudah ada garis-garis petunjuknya. Tapi ukuran surat suaranya besar seperti koran,” imbuh Afif warga Terban Gondokusuman. (Tri)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
MERIAHKAN HPN 2019 – Kodim 0732 Sleman Ikut Donor Darah

MLATI (MERAPI) - Beberapa komunitas masyarakat dan personel dari Kodim 0732/Sleman, mengikuti donor darah yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI)

Close