Bawaslu Gunungkidul Tertibkan APK

MERAPI-BAMBANG PURWANTO. Penertiban APK di Kabupaten Gunungkidul.
MERAPI-BAMBANG PURWANTO
. Penertiban APK di Kabupaten Gunungkidul.

WONOSARI (MERAPI) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Gunungkidul melakukan penertiban ribuan Alat Peraga Kampanye (APK) yang dipasang di area fasilitas umum, Selasa (12/3). Dari seluruh alat peraga kampanye yang ditertbkan tersebut rata-rata sudah dalam kondisi rusak. “Kegiatan penertiban akan kami lakukan selama dua hari meliputi baliho, spanduk, umbul-umbul maupun bendera,” kata Ketua Bawaslu Gunungkidul, Is Sumarsono SH Selasa (12/3).

Adapun APK yang akan ditertibkan tersebut terdiri 2.593 buah yang tersebar di seluruh kabupaten Gunungkidul dan rinciannya untuk jenis baliho 797 buah, spanduk 176 buah, umbul-umbul 7 buah, bendera 1.112 buah, rontek 463 buah, dan baner 38 buah. Dalam penertiban ini melibatkan petugas kepolisian dan Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) hingga ke tingkat desa. Terdapat tiga pelanggaran yang dilakukan oleh partai politik, maupun anggota DPD yang memasang alat peraganya yakni dipasang papan milik pemerintah atau fasilitas umum seperti tiang listrik, pemasangan apk di papan reklame.

“Selain dua lokasi yang dilarang, banyak yang rusak, sudah miring dan mengganggu estetika, dan keamanan,” imbuhnya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gunungkidul Ahmadi Ruslan Hani mengatakan untuk pemasangan alat peraga kampanye telah tertuang berdasarkan Surat Keputusan (SK) KPU Gunungkidul Nomor 69/2019. Ada beberapa aturan seperti tidak diperbolehkan dipasang di tiang bendera milik pemerintah, Tidak menutupi dan mengganggu fungsi rambu lalu lintas dan alat pemberi isyarat lalu lintas yang terpasang.

“Kita berharap tempat-tempat yang dilarang untuk pemasangan APK tidak dilanggar,” terangnya. (Pur)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Capaian Pajak 99,97 Persen

TEMANGGUNG (MERAPI) - Penerimaan pajak KPP Pratama Temanggung pada 2018 mencapai 99,97 persen dengan nominal sekitar Rp 794 miliar, sedangkan

Close