KALAHKAN BORNEO FC 2-0 DI PIALA PRESIDEN – PSS Buka Peluang Lolos

Pemain PSS, Derry Rahman (kanan) menanduk bola di depan Abrizal Umainilo (Borneo FC), tadi malam. (MERAPI-SWADESTA ARIA WASESA)

SLEMAN (MERAPI) – PSS Sleman membuka peluang lolos ke fase gugur Piala Presiden usai sukses menaklukkan Borneo FC 2-0 di laga kedua babak penyisIhan Grup D di Stadion Maguwoharjo, Jumat (8/3) malam. Tambahan tiga angka yang didapat melalui gol Brian Fereira dan Kusheda Hari Yudo kemarin membuat Laskar Sembada berjarak satu angka dari Madura United dan Persija Jakarta.

Macan Kemayoran berada di puncak klasemen dengan nilai 4 sama dengan Madura United setelah kemarin mereka bermain imbang 2-2. PSS harus menang melawan Persija di laga terakhir yang akan digelar Jumat (15/3) mendatang jika ingin lolos ke babak selanjutnya. Sedang Borneo FC dipastikan tersingkir.

PSS menurunkan skuad yang berbeda dari pertandingan perdana mereka. Wahyu Sukarta, yang tampil baik di laga Piala Indonesia memulai laga sejak awal bersama Brian Fereira di lini tengah. Bek senior Purwaka Yudi juga langsung diturunkan sejak awal berduet dengan Alfonso de La Cruz di benteng pertahanan. Bek Jajang Sukmara juga dimainkan sejak menit awal. Seto mengubah posisi Haris Tuharea yang dalam pertandingan kemarin membantu lini tengah. Posisinya di lini depan digantikan Derry Rahman yang bergantian beroperasi sayap kanan-kiri bersama Rangga Muslim.

PSS bermain sabar di awal babak pertama. Mereka memilih menunggu para pemain Borneo FC yang tampil full team dengan menurunkan Rifal Lastori di lini depan. Taktik ini berhasil membuat frustasi lawan yang tak bisa menembus pertahanan PSS. Menit 22, tim tamu tertinggal 0-1 berkat gol Brian Fereira memanfaatkan kemelut di depan gawang. Unggul 1-0 Seto langsung mengubah permainan dengan melakukan pressing ketat ke para pemain Borneo FC. Benturan keras kerap terjadi di lapangan tengah yang memecah konsentrasi para pemain Borneo FC. Taktik ini juga meminimalisir peluang para striker Borneo. Skor 1-0 bertahan hingga akhir babak pertama.

Di babak kedua pelatih kepala Borneo FC memasukkan Ruben Conti menambah daya dobrak. Masuknya Conti direspons Seto dengan memperkuat pertahanan dan pressing antarpemain sejak lini pertahanan lawan. Borneo FC makin frustasi dengan gaya permainan keras Laskar Sembada. Taktik ini memaksa para pemain Borneo memainkan bola panjang yang mudah dipatahkan barisan pertahanan PSS. Pertandingan kian panas karena banyaknya benturan yang terjadi antar pemain kedua tim.

Satu-satunya peluang emas Borneo lahir dari kaki Conti lewat tendangan bebas yang hanya berjarak 18 meter dari gawang yang dijaga Try Hamdani. Sayang tembakannya melebar. PSS juga punya sejumlah peluang berbahaya di babak kedua yang lahir dari serangan balik cepat. Di tambahan waktu, Kusheda Hari Yudo menggandakan skor setelah tembakan kerasnya tak bisa dibendung kiper kedua Borneo Nadeo Arga.

Di pertandingan lainnya, Persija Jakarta dan Madura United bermain imbang 2-2. Persija yang menurunkan pemain cadangannya tertinggal lebih dulu melalui gol Alexandar Rakic menit 35. Skuad besutan Ivan Kolev ini baru bisa menyamakan kedudukan menit 52 melalui Bruno Matos. Enam menit usai menyamakan kedudukan, Persija berbalik unggul melalui Ryuji Utomo namun kembali disamakan Alexandar Rakic menit 67. Usai laga ini Persija akan menghadapi Shan United di ajang Piala AFC pada 12 Maret mendatang.

“Jadwalnya sangat padat tadi saya bagi dua tim saja. Habis lawan Shan kami lawan PSS juga. Jadwal yang berdekatan ini tentu berat tapi kami siapkan recovery pemain agar bisa tampil maksimal di dua pertandingan terdekat,” kata Ivan Kolev usai pertandingan di depan wartawan. (Des)

KLASEMEN SEMENTARA
1.Persija 2 1 1 0 7-2 4
2.Madura United 2 1 1 0 4-2 4
3.PSS 2 1 0 1 2-2 3
4.Borneo FC 2 0 0 2 0-7 0

Pin It on Pinterest

Read previous post:
KPU Bantul Coret Tujuh Nama WNA dari DPT

BANTUL (MERAPI) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantul akan mencoret tujuh nama warga negara asing (WNA) yang terdata dalam

Close