Longsor dan Pohon Tumbang, Satu Pengendara Tewas

Warga Tawangmangu bekerja bakti membuka akses jalan yang tertimbun longsoran tebing. (Foto: Abdul Alim)
Warga Tawangmangu bekerja bakti membuka akses jalan yang tertimbun longsoran tebing. (Foto: Abdul Alim)

KARANGANYAR (MERAPI) – Seorang pengendara sepeda motor meninggal dunia, serta pemboncengnya luka parah akibat tertimpa pohon tumbang di Jl Solo-Tawangmangu, Desa Plumbom Rt 03/Rw IV, Tawangmangu, Rabu (6/3) pukul 18.00 WIB. Berbagai kejadian bencana alam juga mengikutinya, akibat hujan deras dan angin kencang yang mengguyur lereng Lawu.

“Pengendara sepeda motor itu meninggal dunia di lokasi kejadian. Sedangkan pemboncengnya dilarikan ke RSUD Moewardi. Jalan utama semalam ditutup untuk mengevakuasi dan membersihkan jalan dari pohon tumbang,” kata Kapolsek Tawangmangu AKP Ismugiyanto kepada wartawan, Kamis (7/3).

Korban meninggal dunia adalah warga Waringinrejo Rt 02/Rw XXII Desa Cemani, Grogol, Sukoharjo, Sandy Firmansyah (27). Adapun korban luka adalah warga Grajigan Rt 02/Rw VII Desa Tawangsari, Sukoharjo, Iwan Prasetyo Utomo (29). Keduanya menaiki Honda Vario AD 3974 IK.

“Hujan sedang lebat-lebatnya pada Rabu petang. Mereka melaju dari Tawangmangu ke Karanganyar. Pohon tumbang mengenai keduanya. Sandy meninggal dunia, sedangkan Iwan luka patah tangan kiri, perut dan kepala,” katanya.
Awalnya, korban dilarikan me puskesmas Tawangmangu. Namun kemudian dirujuk ke RSUS Moewardi. Hujan lebat juga mengakibatkan tanah longsor di Tawangmangu. Antara lain di Desa Tengklik dan jalan desa Sepanjang-Beruk yang menutup jalan antardusun.

Kapolsek Jenawi, AKP Iwan Kusnendar mengatakan longsor terjadi di lima titik. Empat diantaranya menghantam rumah dan merusak aset privat seperti sepeda motor.

“Untuk tanah longsor yng menutup jalan di Dukuh Pakel belum ditangani dikarenakan suasana gelap dan diperlukan alat berat. Kalau dilakukan manual, dikhawatirkan ada longsor susulan. Kita menunggu sampai pagi ini,” katanya.

Sedangkan di Matesih, longsor terjadi di pekarangan milik Sri Mulyono (53) di Dusun Girilayu Rt 01 Rw VI Desa Girilayu. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Sedangkan di Jatiyoso, penutupan jalan terpaksa dilakukan akibat longsor pekarangan yang menimbun jalan Dusun Mering Desa Tlobo.
Camat Ngargoyoso, Edi Sukiswadi melaporkan tebing berukuran tinggi 7 meter longsor di Dusun Drojo Rt 04/Rw XI Desa Puntukrejo pada Rabu malam. Longsoran yang menerjang kamar tidur itu melukai Suginem (57) yang sedang beristirahat di dalam kamar.

“Masih beberapa titik kerusakan yang belum terinventarisasi. Kami mengingatkan warga tetap waspada,” katanya. (Lim)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
DIGELAR PWI DAN BIDDOKKES POLDA DIY – Pemeriksaan Gratis bagi Warga Beji

PATUK (MERAPI) - Kegiatan pengobatan gratis bagi warga masyarakat di Desa Beji, Patuk, Gunungkidul oleh Biddokkes Polda DIY dalam rangkaian

Close