DIGELAR PWI DAN BIDDOKKES POLDA DIY – Pemeriksaan Gratis bagi Warga Beji

MERAPI-TEGUH Tim pelayanan kesehatan dari Biddokkes DIY.
MERAPI-TEGUH
Tim pelayanan kesehatan dari Biddokkes DIY.

PATUK (MERAPI) – Kegiatan pengobatan gratis bagi warga masyarakat di Desa Beji, Patuk, Gunungkidul oleh Biddokkes Polda DIY dalam rangkaian kegiatan HPN 2019 yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) DIY berlangsung lancar dan sukses, Rabu (6/3). Menurut koordinator Tim Biddokkes Polda DIY Estiqomah, jumlah pengunjung yang ikut berobat dalam aksi sosial itu memenuhi target.

“Meski lokasinya lumayan jauh dari perkampungan, tapi animo masyarakat cukup bagus dan mereka bersemangat untuk berobat yang ditangan dua dokter kami,” ucap Esti ketika di temui Merapi di sela kegiatan, di Wulenpari, Beji, Patuk, Gunungkidul.

Menurut dia, sebagian besar pengunjung yang datang didominasi lanjut usia dengan berbagai macam keluhan, seperti nyeri sendi serta mengeluhkan sakit kepala. Selain diberikan obat, mereka juga minta untuk diberi suntikan. Sebagaimana kebiasaan masyarakat di pedesaan yang jauh dari pelayanan fasilitas kesehatan, mereka memiliki pemahaman kalau berobat itu identik dengan disuntik selain dibawakan obat.

“Ini tadi juga lumayan banyak anak-anak sekolah yang ikut periksa, setelah mereka melihat pameran foto. Lantas memanfaatkan pemeriksaan dan pengobatan, mereka banyak yang ikut berobat,” ucap Estiqomah.

Pelaksanaan pengobatan yang dimulai pukul 10.00 dan berakhir pukul 13.00, dihadiri Ketua PWI Yogyakarta Drs. Sihono MT, yang turut memeriksakan kesehatannya di lokasi bakti sosial ini. Menurut Desi Suryanto salah seorang panitia pelaksana kegiatan Pameran dan Bakti Sosial Pengobatan ini, anomi masyarakat sangat tinggi. Sayangnya menurut dia, bakti sosial ini dilaksanaan bersamaan pada pelaksanaan panen padi di wilayah Beji. Sehingga banyak dari mereka yang lebih memilih menyelesaikan pekerjaan di sawah terlebih dahulu, sebelum berangkat menuju ke Wulenpari untuk periksa dan berobat.

“Karena ini bersamaan dengan panen di desa Beji, jadi mereka hadirnya tidak bisa bersamaan, saling bergantian. Sehingga petugas kesehatan juga harus menunggu lumayan lama,” ucap Desi.

Bagi masyarakat di pedesaan yang jauh dari fasilitas kesehatan, adanya pemeriksaan kesehatan dan pengobatan sangat diharapkan. Dengan adanya bakti sosial berupa pemeriksaan dan pengobatan dalam rangka peringatan HPN 2019 oleh Biddokkes Polda DIY, menurut Hadi petugas Binmas Polsek Patuk di Desa Beji, sangat bermanfaat bagi masyarakat.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, terlebih mereka yang jauh dari fasilitas kesehatan. Kegiatan seperti ini bisa berlanjut, itu harapannya,” ucapnya kepada Merapi. (Teguh)

Read previous post:
Program Kotaku untuk 269 Kabupaten/Kota

TEMANGGUNG (MERAPI) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengucurkan dana ratusan miliar untuk penanganan wilayah kumuh melalui program Kota

Close