PENCANANGAN ZONA INTEGRITAS- PN Bantul Siap Beri Pelayanan Transparan


Ketua PN Bantul menunjukkan tanda tangan sebagai bukti komitmen pencanangan Zona Integritas.(MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)
Ketua PN Bantul menunjukkan tanda tangan sebagai bukti komitmen pencanangan Zona Integritas.(MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)

BANTUL (MERAPI) – Guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Pengadilan Negeri (PN) Bantul telah mencanangkan pembangunan Zona Integritas (ZI), Rabu (6/3). Peningkatan pelayanan dilakukan dengan memberikan pelayanan secara transparan.

Ketua PN Bantul, Agung Sulistiyono SSos SH MHum mengatakan, peningkatan pelayanan mengikuti perkembangan zaman atau revolusi industri. Ke depan pengadilan akan memberikan pelayanan perkara perdata dengan cara yang semakin sederhana, cepat dan biaya ringan.

“Pelayanan ini dalam rangka memberikan keadilan dan perlindungan hukum kepada masyarakat,” ujar Agung di sela-sela pencanangan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di PN Bantul.

Masyarakat akan diberi kemudahan dalam pelayanan di pengadilan. Salah satunya kemudahan dalam hal penanganan perkara perdata maupun pidana, baik dari segi biaya maupun pelayanan E Court sampai relas panggilan secara online. Hal ini setidaknya dapat memangkas biaya panggilan perkara perdata. Pengadilan juga meningkatkan layanan perkara pidana.

Seperti dalam hal administrasi perkara, persidangan sampai administrasi upaya hukum akan dipercepat dan disederhanakan. “Termasuk dalam transparansi biaya akan ditampilkan baik itu di website pengadilan maupun ditempelkan di tempat-tempat umum. Semua biaya disampaikan secara transparan, tidak ada biaya di luar yang telah ditentukan dan semua akan kita tampilkan,” lanjut Agung. Dalam memberi pelayanan meski saat ini telah menggunakan sistem online atau apliaksi, tetapi PN Bantul juga tetap memberikan pelayanan secara manual.

Sementara Bupati Bantul diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Bantul, Dra Sri Edi Astuti menyampaikan apresiasi positif terhadap pencanangan Zona Integritas yang dilakukan PN Bantul. Pihaknya berharap dengan pencanangan dapat memberi pengaruh positif terhadap instansi lain di Kabupaten Bantul.(C-5)


Pin It on Pinterest

Read previous post:
TAK KEMBALIKAN OBJEK SENGKETA- PN Bantul Robohkan Rumah Termohon Eksekusi

BANTUL (MEREPI) - Pengadilan Negeri (PN) Bantul akhirnya melakukan eksekusi dengan merobohkan rumah tergugat atau termohon eksekusi Ny Dewi Bujonowati

Close