Masa Kampanye, Siskamling Ditingkatkan

MERAPI-Zaini Arrosyid AKBP Wiyono Eko Prasetyo
MERAPI-Zaini Arrosyid
AKBP Wiyono Eko Prasetyo

TEMANGGUNG (MERAPI) – Jajaran Kepolisian Resort Temanggung meningkatkan patroli sampai ke pelosok dusun untuk memberikan rasa aman dan nyaman pada warga serta menciptakan kondusifitas yang lebih baik pada tahapan Pemilu 2019.

“Patroli kewilayahan ditingkatkan, kini masa kampanye yang seringkali ada gesekan antar pendukung,” kata Kapolres Temanggung AKBP Wiyono Eko Prasetyo, Selasa (5/3).

Dikatakan patroli sampai ke pelosok dusun sebab penciptaan rasa aman dan nyaman tidak hanya di kota tetapi juga harus sampai pelosok. Anggota kepolisian patroli menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua, bahkan ada yang sepeda ontel dan jalan kaki. Polri harus menyapa warga dan menyampaikan pesan-pesan perlunya menjaga keamanan.

Dia mengatakan patroli ini dilakukan tidak hanya pada siang hari tetapi juga sore, dini hari dan bahkan sampai subuh. Patroli diprioritaskan pada daerah-daerah yang rawan kejahatan atau tindak kriminalitas, contohnya pasar, sekitar perbankan, dan obyek vital.

Dia menyampaikan perlunya mengaktifkan sistim keamanan lingkungan (siskampling) dengan berbasis kearifan lingkungan. Penguatannya dengan pelibatan aktif seluruh warga baik rukun warga dan rukun tetangga. ” Pos ronda juga diaktifkan tidak hanya jadi tempat nongkrong atau posko pemenangan salah satu pihak peserta kampanye,” katanya.

Wiyono mengatakan telah memerintahkan pada jajaran Polsek, baik Kapolsek dan Babinkamtibmas untuk berkoordinasi dengan Camat dan Kades guna mengaktifkan atau lebih meningkatkan siskampling dan ronda.

Jika siskampling dan ronda aktif ditambah kepedulian warga dalam memperhatikan kondisi lingkungan, terangnya, akan mencegah adanya tindak kejahatan dan jikalau ada akan segera terungkap dan tertangkap pelakunya. (Osy)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
KRT PUSPONEGORO I PENASIHAT MILITER PANGERAN DIPONEGORO (3) – Tak Mau Ziarah, Ditegur Lewat Mimpi

BERKAITAN dengan akan dipugarnya makam KRT Pusponegoro I di Beran, Seyegan, Sleman, ada fenomena yang cukup menarik sehubungan dengan trah

Close