Animo Masyarakat Tinggi, Kemenag Sukoharjo Permudah Pendaftaran Haji

SUKOHARJO (MERAPI) – Animo masyarakat untuk mendaftarkan sebagai calon jamaah haji semakin meningkat setiap tahun. Karenanya proses pelayanan pendaftaran calon jamaah haji di kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sukoharjo dipermudah. Sebab sekarang sudah ada pelayanan terpadu satu atap yang diberikan oleh petugas.

Kepala Kemenag Sukoharjo Ihsan Muhadi, Senin (4/3) mengatakan, ada kebijakan baru dari pemerintah berkaitan dengan pelayanan kepada masyarakat yang akan mendaftar sebagai calon jamaah haji. Masyarakat tidak perlu harus meminta pelayanan pada pertugas berulang kali namun sekarang cukup sekali. Sebab Kemenag Sukoharjo sudah menyiapkan tempat dan petugas pelayanan.

Apabila dulu calon jamaah haji harus bolak balik meminta pelayanan saat mendaftar sebagai calon jamaah haji ke kantor Kemenag Sukoharjo dan bank. Maka sekarang bisa terlayani semua di kantor Kemenag Sukoharjo.

“Calon jamaah haji cukup membawa semua persyaratan yang telah ditentukan dan membawa uang pendaftaran datang ke kantor Kemenag Sukoharjo maka langsung diproses dan selesai,” ujarnya.

Sebelumnya masyarakat yang akan mendaftar sebagai calon jamaah haji harus bolak balik datang mendaftar ke kantor Kemenag Sukoharjo kemudian membayar uang pendaftaran ke bank. Selanjutnya kembali lagi ke kantor Kemenag Sukoharjo untuk melengkapi persyaratan. Proses tersebut membutuhkan waktu lebih dari satu hari. Namun sekarang sudah dipermudah cukup satu hari saja.

“Demi kenyamanan masyarakat khususnya calon jamaah haji karena cukup datang satu tempat dan semua terlayani,” lanjutnya.

Di kantor Kemenag Sukoharjo rata rata jumlah masyarakat yang mendaftar sebagai calon jamaah haji sekitar 20 – 25 orang perhari. Namun dengan adanya kemudahan pelayanan diperkirakan bisa meningkat mencapai sekitar 30 orang. Peningkatan tersebut juga terjadi karena tingginya animo masyarakat untuk mendaftar menjadi calon jamaah haji.

Tingginya animo tersebut membuat daftar tunggu keberangkatan haji reguler di Sukoharjo menjadi cukup lama sekitar 20 tahun. Apabila mendaftar sekarang maka kemungkinan baru bisa diberangkatkan nanti pada tahun 2038 – 2039.

Lamanya daftar tunggu keberangkatan calon jamaah haji sudah diinformasikan oleh Kemenag Sukoharjo ke masyarakat. Hal itu dilakukan petugas saat masyarakat datang untuk melakukan pendaftaran.

“Lamanya daftar tunggu karena banyaknya pendaftar calon jamaah haji reguler tidak hanya di Sukoharjo saja tapi juga disemua daerah di Indonesia,” lanjutnya.

Kemenag Sukoharjo sudah menjalankan tugas sesuai aturan dari pemerintah pusat pada masyarakat saat akan mendaftar ibadah haji reguler. Salah satunya berkaitan dengan pembatasan usia bagi anak anak yang boleh berangkat ibadah haji. Aturan lainnya berkaitan dengan pembatasan bagi masyarakat yang sudah menjalankan ibadah haji. (Mam)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Ikat Rambut, Ajang Pamer Kemampuan Siswa SMSR

PENDIDIKAN tidak selalu dilakukan di dalam ruang kelas, terlebih lagi bagi siswa yang belajar tentang kesenian akan lebih banyak melakukan

Close