HUJAN DAN ANGIN MENYAPU BANGUNTAPAN-Pohon Bertumbangan, Tiang Listrik Nyaris Roboh

MERAPI-SUKRO RIYADI Tiang jaringan listrik di simpang empat Blok O miring setelah disapu angin kencang.
MERAPI-SUKRO RIYADI /Tiang jaringan listrik di simpang empat Blok O miring setelah disapu angin kencang.

BANTUL (MERAPI)- Hujan deras disertai hembusan angin kencang menumbangkan baleho dan pohon di tiga dusun di Banguntapan, Bantul, Jumat (1/3). Dampak terparah dari peristiwa alam itu terjadi di Ringroad Timur Blok O Banguntapan.
Di sepanjang jalan, mulai simpang empat Ketandan hingga Blok O, sejumlah pohon tumbung di ke tengah jalan. Bahkan tiang jaringan listrik di perempatan Blok O hampir tumbang. Jalur cepat Ringroad sempat ditutup total lantaran batang pohon ambruk di tengah jalan.
Lurah Desa Banguntapan Basirudin yang ditemui di sela mengevakuasi pohon tumbang di Ringroad Timur menjelaskan, angin kencang melanda Wonocatur, Jomblangan serta Modalan. Dari peristiwa itu belum ada laporan adanya kerusakan serius, tetapi pihaknya masih menunggu sampai perkembangan terakhir.

“Memang ada tiga dusun dilanda hujan dan angin kencang, paling banyak pohon tumbang, termasuk tiang listrik di Blok O dan baleho di Wonocatur,” ujarnya. Khusus di Ringroad, kata dia, arus kendaraan sempat macet total karena batang pohon ambruk ke tengah jalan. Demikian juga di simpang empat Blok O juga sempat macet lantaran kabel listrik menjuntai ke jalanan. Pengamanan simpang empat Blok O sekitar lokasi tiang listrik miring langsung dipimpin Kapolsek Banguntapan Kompol Suhadi SH MH.
Basirudin mengatakan, setelah ada gelegat kurang baik karena hujan dan hembusan angin datang bersamaan, Tim Forum Penanggulangan Risiko Bencana (FPRB) berbagi tugas memantau wilayah. “Kami minta pohon di tepi jalan benar-benar diperhatikan, jika sudah rimbun tolong dipangkas rantingnya. Jangan seperti ini akhinya roboh di jalan raya sampai akarnya,” jelasnya.

Sedang Mantono warga Wonocatur Banguntapan Bantul mengatakan, hujan dan angin kencang terjadi sekitar pukul 14.00. Siang itu mendadak hujan diikuti hembusan angin kencang terjadi selama 30 menit. ”Hujan sangat deras sekali dan anginnya itu yang membuat baleho ini langsung roboh, demikian juga dengan pohon di kompleks perumahan TNI,” ujarnya.(Roy)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
TAHAPAN KLB PSSI DIY – 12 Orang Kembalikan Form Pendaftaran

YOGYA (MERAPI) - Sempat sepi peminat, formulir pendaftaran bakal calon (balon) Ketua Umum, Wakil Ketua Umum dan anggota Eksekutif Komite

Close