PAMERAN BUKU PERINGATI MILAD ke-38 UMY-Tambah Wawasan Global Mahasiswa

Pemateri dalam pameran buku Milad ke-38 UMY. (MERAPI-SULISTYANTO)

PAMERAN buku rangkaian Milad ke-38 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) digelar di kompleks Gedung Pascasarjana kampus setempat, Kamis (28/2) hingga Jumat (1/3). Dalam kegiatan pameran itu salah satunya membedah buku berjudul Krisis Arab dan Masa Depan Dunia Islam karya Prof Ahmad Syafii Maarif yang dikupas Prof Tulus Warsito MSi, guru besar HI UMY dengan moderator Dr Ahmad Sahide SIP MA dosen UMY.

Syafii Maarif yang juga mantan Ketua PP Muhammadiyah pada kesempatan tersebut mengaku gelisah serta prihatin terhadap beberapa konflik dan peperangan yang terjadi di berbagai kawasan di dunia Arab. Misalnya di Libia, Irak, Mesir, Yaman dan yang paling dahsyat di Suriah dengan korban ratusan ribu jiwa. Lalu pada 2015, muncul Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) dengan Abu Bakar al-Baghdadi yang mendeklarasikan dirinya sebagai khalifah lebih memperparah kondisi Arab.

“Buku ini merupakan kumpulan tulisan artikel saya, semoga bisa menjadi bagian dari jejak rekam terutama mengenai hiruk pikuk kehidupan Islam dan umat pemeluknya. Sekarang, mampukah kita sungguh kembali pada pesan suci Alquran dan Sunah Nabi,” tuturnya.

Sedangkan pada hari pertama, yakni membedah buku berjudul
Politik Global Amerika dari Obama ke Trump karya Prof Dr Bambang
Cipto. Dalam kesempatan tersebut Bambang Cipto mengungkapkan, Trump lebih realis dari Obama, sementara Obama sangat diplomatis dibanding Trump yang transaksional. Selain itu Trump juga doktrinal dan memimpin dengan hard power, berbanding terbalik dengan Obama yang pragmatis dengan soft power.

Dalam bedah buku yang banyak dihadiri terutama mahasiswa Hubungan Internasional se-DIY ini, Rektor UMY Dr Ir Gunawan Budiyanto berharap, dengan digelarnya pameran dan bedah buku termasuk bagian dari usaha melahirkan diplomat-diplomat muda yang akan berjasa bagi bangsa di masa depan.

“Dalam rangkaian milad ke-38 UMY memang perlu diadakan
kegiatan pameran buku serta diskusi ilmiah atau bedah buku seperti
ini. Dengan membahas isu internasional akan menambah wawasan global bagi mahasiswa,” ucapnya.

Menurut Ketua Panitia Milad ke-38 UMY, Faris al Fadhat PhD stan-stan pameran dan penerbit buku yang berpartisipasi, ada yang bersifat intern UMY maupun dari luar. Antara lain ada dari Pustaka Pelajar, The Phinisi Press, Ombak, Suara Muhammadiyah, Mizan, Insist, LP3M, Fakultas Kedokteran dan Pascasarjana UMY. Adapun rangkaian kegiatan lain Milad ke-38 UMY, selain pameran buku adalah lomba olahraga, pemutaran layar tancap untuk masyarakat, konser amal, pidato milad serta pemberian penghargaan kepada alumni UMY terbaik tahun 2019. (Yan)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
MERAPI-AMIN KUNTARI Polisi menunjukkan barang bukti kasus uang palsu yang diperoleh dari tersangka baru.
UPAL DI KULONPROGO DARI SEMARANG-Mirip Uang Asli Saat Dicek Sinar UV

PENGASIH (MERAPI)- Petugas Satreskrim Polres Kulonprogo berhasil menangkap tersangka baru pada kasus peredaran uang palsu yang terjadi di Pasar Jagalan,

Close