TINGKATKAN KESIAPSIAGAAN DI KRB – SPAB SD Muhammadiyah Girikerto Dikukuhkan

MERAPI-ISTIMEWA Siswa SD Muhammadiyah Girikerto sedang mengikuti gladi SPAB.
MERAPI-ISTIMEWA
Siswa SD Muhammadiyah Girikerto sedang mengikuti gladi SPAB.

TURI (MERAPI) – Guna meningkatkan kesiapsiagaan guru dan siswa yang tinggal di kawasan rawan bencana (KRB), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman kembali membentuk Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB). Kali ini SD Muhammadiyah Girikerto, Turi dikukuhkan menjadi SPAB. Pengukuhan diawali dengan agenda Gladi Lapang Penanganan Bencana Erupsi Gunung Merapi di lokasi sekolah setempat, Senin (25/2).

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sleman, Joko Supriyanto mengatakan bahwa dipilihnya SD Muhammadiyah menjadi SPAB karena lokasi sekolah tersebut berada di wilayah rawan ancaman bencana erupsi Gunung Merapi.

“Tahun 2019 ini ditargetkan menambah sebanyak delapan SPAB dan delapan Desa Tangguh Bencana (Destana). Sehingga nantinya pada tahun 2019 di Sleman akan ada 63 SPAB atau SSB dan 53 Destana,” kata Joko.

Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun yang membuka dan mengukuhkan tim SPAB SD Muhammadiyah Girikerto berharap, melalui pembentukan SPAB, tim yang sudah terbentuk dapat berbagi peran dan langkah yang harus dilakukan saat terjadi bencana.

“SPAB ini dibentuk agar warga sekolah tidak panik dan mengetahui langkah-langkah evakuasi. Sehingga tidak ada tumpang tindih dan lempar tanggungjawab apabila terjadi bencana,” tegasnya.

Menurutnya, edukasi kepada masyarakat termasuk para siswa sekolah secara berkesinambungan sangatlah penting untuk dilakukan. Hal ini mengingat Kabupaten Sleman merupakan wilayah yang rawan terhadap berbagai bencana.
Berdasarkan data dari BPBD Kabupaten Sleman, pada tahun 2018 tercatat 11 kejadian bencana banjir, 38 kejadian bencana tanah longsor, 64 kejadian angin kencang, 11 kejadian bencana petir dan 1 kejadian bencana kekeringan. “Bencana memang tidak dapat dihentikan. Tetapi dapat kita minimalisir dampaknya,” pungkas Muslimatun. (Awn)

Read previous post:
Tumpeng Berbahan Bunga Telang Jadi Juara

KELOMPOK Wanita Tani (KWT) Agropolitan Mekar Hijau asal Guyangan Nogotirto Gamping Sleman menggelar rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan ulang tahunnya

Close