Karanganyar Raih Penghargaan SAKIP

Wabup Rober Christanto menerima SAKIP Award. (Foto: Diskominfo Karanganyar)
Wabup Rober Christanto menerima SAKIP Award. (Foto: Diskominfo Karanganyar)

KARANGANYAR (MERAPI) – Pemkab Karanganyar mendapatkan penghargaan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LHE AKIP) Tahun 2018, pada acara SAKIP AWARD 2018 di Four Points Hotel Makassar, Selasa (19/2). Penghargaan diterima Wakil Bupati Karanganyar Rober Christanto.

Dikatakan Rober kepada wartawan, Jumat (22/2), penghargaan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Syafruddin itu berpredikat B dengan nilai 62,38.

“Hasil ini cukup menggembirakan, mengingat selama ini nilai tertinggi yang pernah didapat adalah predikat CC nilai 57,52 pada LHE AKIP Tahun 2017. Capaian nilai tersebut juga sudah melebihi target akhir RPJMD Tahun 2013-2018 sebesar 61,” katanya.

Pada kesempatan tersebut Menpan RB Syafrudin menyerahkan Nilai LHE AKIP untuk 174 Pemda di Wilayah III yang meliputi 12 Pemerintah Provinsi, yaitu DIY, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat serta 162 Pemerintah kabupaten/kota di wilayah III.

Menpan RB dalam sambutannya meminta Pemda untuk bersungguh-sungguh membangun Sistem Akuntabillitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di daerahnya. Karena SAKIP bukan hanya terkait pemberian nilai, namun menggambarkan kemampuan Pemda dalam mengelola perencanaan, penganggaran dan pelaporan capaian kinerjanya sesuai target yang sudah ditetapkan di RPJMD yang sebesar-besarnya diarahkan untuk memberikan kemanfaatan bagi masyarakat.

Untuk itu pada LHE AKIP yang diserahkan oleh Kemenpan RB juga berisikan rekomendasi yang harus dilakukan oleh Pemda guna mewujudkan tata kelola pemerintahan yang transparan, akuntabel, efektif dan efisien. (Lim)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
REDDOORZ TARGETKAN 200 PROPERTI DI DIY – Diklaim Dongkrak Okupansi Hunian Hotel

KEBERADAAN platform jasa pemasanan akomodasi hotel dan penginapan secara online kini terus berkembang. Salah satunya RedDoorz yang bermitra dengan pemilik

Close