CUACA EKSTREEM DI SLEMAN-Terjadi Hujan Es dan Pohon Bertumbangan

MERAPI-HUMAS POLSEK TURI/Petugas Polsek Turi saat melakukan evakuasi pohon tumbang di Jalan Turi
MERAPI-HUMAS POLSEK TURI/Petugas Polsek Turi saat melakukan evakuasi pohon tumbang di Jalan Turi

TURI (MERAPI)- Hujan lebat yang mengguyur wilayah Sleman, Jumat (22/2) siang mengakibatkan sejumlah pohon tumbang. Selain itu, dilaporkan juga adanya hujan es di wilayah Turi dan Tempel. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.
“Setidaknya ada lima titik pohon tumbang di wilayah Turi. Kendati demikian tidak ada korban jiwa,” beber Kapolsek Turi AKP Catur Widodo, yang memimpin langsung proses evakuasi pohon tumbang.
Menurut AKP Catur, pohon tumbang tersebut menutupi sebagian bahu jalan, akibatnya arus lalu lintas sempat terhambat. Beruntung personel Polsek Turi dengan dibantu warga segera turun melakukan evakuasi.
Mereka secara sigap dan cepat mengevakuasi pohon tumbang tersebut, beberapa warga sekitar juga turut andil memberikan bantuan. Polisi dan warga saling bergotong royong mengangkat ranting pohon yang jatuh.

Menurutnya, pihaknya langsung mendatangi TKP saat menerima laporan warga tentang adanya pohon tumbang dan menghalangi arus lalulintas.
“Apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan personil secara cepat dapat melakukan tindakan seperti mengevakuasi pohon tumbang tersebut,” katanya.
Pihaknya juga mengimbau pada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dalam berlulintas khususnya saat terjadi hujan dan angin kencang. Pasalnya pohon mudah tumbang saat terjadi hujan dan angin kencang.
“Kami mengimbau agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan dalam berlulintas khususnya pada saat cuaca sedang hujan dan angin kencang,” pungkas Kapolsek.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sleman, Makwan menambahkan, terjadi kerusakan akibat hujan dan angin kencang. Di Kecamatan Turi, pohon tumbang terjadi di Dusun Jomboran Jalan Turi, di mana satu pohon tumbang melintang di jalan kemudian Gedung Olah Raga Donokerto Turi dinding roboh dan tower roboh.
“Kemudian di Dusun Randusongo Donokerto, Turi beberapa pohon tumbang dan di Gading, Donokerto Turi beberapa pohon tumbang dan atap rumah berterbangan,” katanya.
Sementara di simpang empat Turi, kabel Telkom putus, di barat perempatan Turi pohon tumbang menimpa kabel listrik. “Kemudian di Dusun Sukodono Donokerto, Turi beberapa pohon tumbang melintang di jalan kampung,” katanya.

Sedangkan di Kecamatan Tempel angin kencang mengakibatkan pohon menimpa rumah di Donojayan, Merdikorejo, Tempel.
Angin kencang juga menimbulkan hujan butiran es yang menerjang dua kecamatan di Kabupaten Sleman hingga mengakibatkan sejumlah pohon tumbang dan beberapa rumah warga dan bangunan rusak.
“Hujan es disertai angin kencang menerjang dua kecamatan di bagian Utara Sleman, yakni di Kecamatan Turi dan Tempel,” kata Makwan.
(Shn)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
MERAPI-AMIN KUNTARI Gertak PSN dilakukan dengan memukul replika nyamuk secara simbolis.
LAPORAN DBD HARUS SEGERA DITINDAKLANJUTI -Nyamuk Sudah Kebal Fogging

WATES (MERAPI)- Wakil Bupati (Wabup) Kulonprogo, Sutedjo mewanti-wanti agar Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat bersama Puskesmas di tiap kecamatan serius memperhatikan

Close