CEGAH GENANGAN SAAT HUJAN-Pembangunan Sumur Resapan Air Sasar Sekolah

UMBULHARJO (MERAPI)- Pembangunan sumur peresapan air hujan (SPAH) kini menyasar kompleks sekolah-sekolah di Kota Yogyakarta. Mengingat belum semua sekolah dilengkapi SPAH sehingga jika terjadi hujan deras, rentan menimbulkan genangan.
“Masih banyak laporan ke kami mengenai genangan air hujan di sekolah. Makanya kami juga membangun sumur resapan di sekolah-sekolah di Kota Yogya,” kata Kepala Seksi Pengendalian Lingkungan dan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta, Peter Lawoasal kepada wartawan, Jumat (22/2)
Menurutnya, masih adanya keluhan genangan air hujan di sekolah itu karena saat pembangunan infastruktur sekolah dulu belum dilengkapi SPAH. Oleh sebab itu pembangunan SPAH di sekolah dilakukan bertahap. Dia menyebut saat ini masih ada sekitar 30 persen bangunan sekolah yang belum dilengkapi SPAH.

Pada tahun 2019 DLH Kota Yogyakarta akan membangaun 50 SPAH di SD, SMP dan SMA negeri di wilayah Kota Yogyakarta. Satu SPAH dianggarakan sekitar Rp 3,5 juta sehingga total anggaran sekitar Rp 175 juta. SPAH yang dibangun memiliki kedalaman sekitar 2,5 emter dan diameter sekitar 80 meter.
“Satu sekolah ada yang dua sampai lima sumur resapan. Bahkan ada yang 10 sumuh resapan. Tergantung luasana area sekolah,” tambahnya.
Dia menyatakan pembangunan SPAH di sekolah akan dilakukan secara swakelola. Pembangunan SPAH tersebut rencananya dimulai setelah lebaran. Dia menyampaikan waktu itu mempertimbangkan sudah memasuk musim kemarau, sehingga meminimalisir kendala pembangunan.

“Harapannya setalah dibangun, sumur resapan juga dipelihara agar pemanfaatannya maksimal. Misalnya dilakukan pembersihan endapan di sumur resapan secara rutin,” papar Peter.
Untuk sumur resapan di kampung-kampung seperti jalan lingkungan atau gang, DLH tahun ini tidak membangun. Dia menyampaikan Itu sekarang pembangunan sumur resapan di kampung sudah dilimpahkan ke pemerintah kecamatan masing-masing. “Sumur resapan ini penting untuk masyarakat. Dengan adanya sumur resapan air hujan disimpan dan dapat menyuplai air ke sumur air bersih warga saat musim kemarau,” tandasnya. (Tri)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
PSS Coba Alfonso di Piala Presiden

SLEMAN (MERAPI) - Pemain asing asal Spanyol, Alfonso da La Cruz resmi mengikuti latihan perdana PSS Sleman di Stadion Getas,

Close