PASCAPUTUSAN BEBAS ECKY LAMOH- JPU Resmi Ajukan Kasasi


Panitera Muda Pidana PN Bantul, Suharno SH saat memberi keterangan kepada wartawan.(MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)
Panitera Muda Pidana PN Bantul, Suharno SH saat memberi keterangan kepada wartawan.(MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)

BANTUL (MERAPI) – Pascaputusan bebas murni mantan vokalis Edane, Alexander Theodore Lamoh atau Ecky Lamoh (57), warga Perum Trimulyo Blok III Jetis Bantul, jaksa penuntut umum (JPU) akhirnya mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA) RI.

“Jaksa penuntut umum (JPU) telah menyatakan kasasi dan memori kasasi akan dikirim ke Mahkamah Agung melalui Pengadilan Negeri Bantul,” ujar Panitera Muda (Panmud) Pidana PN Bantul, Suharno SH kepada wartawan, Senin (18/2).

Seperti diketahui sebelumnya, majelis hakim diketuai Sri Wijayanti Tanjung SH dalam sidang di Pengadilan Negeri (PN) Bantul, Rabu (6/2) menyatakan terdakwa dinyatakan tak terbukti bersalah melakukan pencemaran nama baik dengan menuduh kakak iparnya Hadi Sutoyo sebagai tersangka dengan memposting ke akun facebook miliknya.

Awalnya pada 2013 terdakwa melaporkan kakak iparnya Hadi Sutoyo dan istrinya Dana Christina ke Polres Bantul dengan dugaan penipuan dan penggelapan sertifikat tanah. Setelah 2 tahun melaporkan terdakwa merasa laporannya mengendap di Polres Bantul. Dengan begitu timbul niat terdakwa untuk membuat atau menyebarkan informasi melalui akun facebook milik terdakwa tentang laporan agar diketahui publik maupun oleh pimpinan Kepolisian Republik Indonesia dengan account Ev Alex Lamoh yang kemudian diubah menjadi Ecky Lamoh.

Saat bmembuat postingan status di facebook tersebut terdakwa menyebutkan status hukum saksi Hadi Sutoyo sebagai tersangka penipuan dan penggelapan sertifikat. Sedangkan pada waktu itu perkara yang dilaporkan terdakwa di Polres Bantul tersebut masih dalam proses penyidikan dan belum ditetapkan tersangkanya.

Terdakwa sendiri dengan sengaja memposting status saksi Hadi Sutoyo sebagai tersangka. Padahal terdakwa tidak memiliki kewenangan atau hak untuk mempublikasikan status hukum seseorang dengan menyatakan yang bersangkutan sebagai tersangka hingga akhirnya Ecky Lamoh dilaporkan ke polisi hingga diajukan ke persidangan tetapi akhirnya divonis bebas.(C-5)


Pin It on Pinterest

Read previous post:
DITUDUH GELAPKAN UANG DAN DILAPORKAN KE POLDA-Kuasa Karyawan STIE Kerjasama Gugat Sesama Karyawan

BANTUL (MERAPI) - Seorang mantan karyawan STIE Kerjasama, Timbagan Ginting SE warga Sampangan Wirokerten Banguntapan Bantul yang dipercaya sebagai kuasa

Close