TERAPKAN RESEP ALAMI SUDAH LAMA MAUPUN BARU (2) – Kerang Hijau Dukung Kesehatan Jantung

MERAPI-SULISTYANTO Kerang hijau mempunyai khasiat kesehatan.
MERAPI-SULISTYANTO
Kerang hijau mempunyai khasiat kesehatan.

PEMANFAATAN bahan alami berkhasiat dapat menerapkan beragam cara. Tak jarang dengan menerapkan resep lama maupun resep baru disesuaikan perkembangan zaman, akan membantu mengatasi serta mencegah gangguan kesehatan.

Bahan alami yang ada di sekitar kita atau mudah diperoleh, baik berwujud tumbuhan maupun satwa berkhasiat dapat dijadikan suatu pilihan. Seperti telah dijelaskan Wisnu BP di Merapi edisi sebelumnya, tanaman jarong dan kitolod meski sering dianggap gulma namun diyakini mempunyai khasiat kesehatan. Cara pemanfaatannya pun bisa menerapkan resep lama yang sudah dilakukan sebagian warga.

“Obat tetes mata termasuk ada yang jenis herbal dan dijual di kios-kios herbal, saya yakin menggunakan bahan baku alami di sekitar kita. Kemungkinan ada juga yang memanfaatkan tanaman kitolod,” jelasnya, belum lama ini.

Ada lagi daun tanaman sirih, manfaatnya seperti sebagai musuh bau badan, memelihara organ kewanitaan, mengatasi bronchitis, alergi kulit serta membersihkan darah. Satu di antaranya dapat diproses menjadi jamu tradisional rebusan daun sirih. Dalam perkembangannya bisa dijadikan bahan baku minuman kesehatan seperti wujud instan dan teh celup.Jika untuk mencegah kerusakan gigi, bisa dengan mengunyah satu lembar daun sirih,ditahan beberapa menit dalam mulut, lalu diludahkan. Hal ini bisa dilakukan dua kali dalam sehari, dan dalam perkembangannya ada cairan kumur-kumur berbahan daun sirih.

Ditemui terpisah, Tini S salah satu kru penjualan rica-rica kerang hijau dan kerang dara di kawasan Jalan Godean Sleman menjelaskan, daging kerang diyakini mempunyai kandungan gizi. Bahkan juga memiliki khasiat kesehatan. Resep untuk mengolahnya dapat menerapkan beberapa cara, ketika diolah menjadi masakan rica-rica pun banyak yang suka.

“Ada konsumen yang mengungkapkan rutin mengkonsumsi kerang hijau bisa membantu terapi gangguan kesehatan pada liver,” ungkapnya.

Tak kalah penting, daging kerang hijau mampu mendukung kesehatan jantung. Kandungan omega-3 dan lemak tak jenuhnya, selain dapat mencegah penyakit jantung, juga mencegah peradangan dan mengurangi risiko terserang stroke. Selain itu kerang hijau merupakan sumber protein serta zat besi. Adanya kandungan zat besi antara lain bisa membantu tubuh memproduksi hemoglobin serta mencegah anemia. Dengan kata lain, jika sampai kekurangnya zat besi dalam tubuh dapat memicu seseorang terserang anemia.

“Aneka kandungan nutrisi pada kerang bisa juga membantu meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh,” bebernya.

MERAPI-SULISTYANTO Tini S.
MERAPI-SULISTYANTO Tini S.

Adapun langkah-langkah mengolah kerang hijau, antara lain kerang

yang masih segar dicuci sampai bersih. Lalu direbus sampai matang. Ketika akan diolah menjadi aneka masakan, termasuk rica-rica kerang, langkah perebusan tak boleh ditinggalkan. Selain itu perlu memilih kerang yang masih segar. Artinya juga perlu menghindari kerang yang sudah berlendir, apalagi yang berbau busuk menyengat. (Yan)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
TERCIPTANYA KERIS KYAI KANJENG PAKUMPULAN (2) – Ikut Menghadiri Penobatan Ratu Wilhelmina

PADA tahun 1820 Sinuhun Paku Buwono lV wafat, putera mahkota menggantikan kedudukan sebagai raja. Sayang Paku Buwono V memerintah tidak

Close