Polisi Amankan Ratusan Jerigen Oli Palsu Siap Edar

Polisi Amankan Ratusan Jerigen Oli Palsu Siap Edar
MERAPI-BAGUS S
Barang bukti oli palsu dan tersangka.

KEBUMEN (MERAPI) – Ratusan jeriken 4 literan berisi oli palsu siap edar, diamankan jajaran Polres Kebumen dari tempat penyimpanan di Desa Kemujan, Kecamatan Adimulyo. Polisi juga mengamankan pemilik oli palsu, ESW (29) warga Desa Harjodowo, Kecamatan Kuwarasan, Kabupaten Kebumen, yang tinggal di Desa Mangli, Kecamatan Kuwarasan.

Barang bukti oli palsu yang diamankan, 385 jeriken merek Shell Helix HX 7, 399 jeriken merek Shell Helix HX 5, 102 jeriken merek TMO 10w-40, dan 20 jeriken merek TMO 15w-40. Sedianya oli palsu akan dijual dengan harga Rp 410.000 perkarton. Namun pengakuan tersangka, oli palsu belum sempat diedarkan di Kebumen. Hanya saja, ada beberapa karton dititipkan ke pengusaha rental mobil di daerah Kecamatan Ayah.

Keterangan Kapolres Kebumen AKBP Robert Pardede melalui Kasat Reskrim AKP Edy Istanto, ESW yang telah ditetapkan sebagai tersangka, memperoleh oli palsu dari tempat produksi di Bekasi melalui seorang perantara. “Tersangka melakukan transaksi dengan perantara. Setelah transfer uang Rp 40 juta, oli palsu diangkut dengan truk ke Kebumen,” jelas AKP Edy Istanto bersama Kasubag Humas AKP Suparno, dan Kanit Tipiter Ipda Ghulam, dalam konferensi pers di Mapolres Kebumen, Kamis (14/2) sore.

Dijelaskan oli palsu lebih encer, keruh, dan tidak berbau khas. Tanda segitiga pada segel tutup, berwarna hijau biasa dan mudah pudar. Tulisan angka pada segel, bila ditetesi air warnanya tetap. “Kalau yang asli, tanda segitiga pada segel tutup bermarna hijau mengkilap dan tidak mudah pudar. Tulisan angka pada segel bila ditetesi air, warnanya berubah menjadi merah,” jelasnya.

Tersangka dijerat dengan Pasal 62 Jo Pasal 8 Ayat (1) huruf a dan e Jo Pasal 9 Ayat (1) huruf a Undang Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Kosumen atau Pasal 106 Undang Undang Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan dengan dipidana penjara paling lama 5 tahun atau pidana denda paling banyak Rp 2 miliar. (Skm)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
MERAPI-TEGUH Penyerahan simbolik kunci mobil oleh Romo Noer kepada sejumlah driver
KOPERASI JALADIPA TAWARKAN PROGRAM MENARIK-Mudahkan Driver Online Miliki Mobil Sendiri

YOGYA (MERAPI)- Suasana kelas Pawiyatan Keistimewaan yang diselenggarakan Sekolah Keistimewaan, Kamis (14/2), lebih meriah dan tampak beda. Hadirnya ratusan driver

Close