PENETAPAN TERSANGKA SAH- Praperadilan Timbangan Ginting Ditolak


Hakim saat membacakan putusan praperadilan atas penetapan tersangka Timbang Ginting yang digelar di PN Sleman. (MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)
Hakim saat membacakan putusan praperadilan atas penetapan tersangka Timbang Ginting yang digelar di PN Sleman. (MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)

SLEMAN (MERAPI) – Permohonan praperadilan oleh pemohon Timbangan Ginting terhadap Kapolda DIY di Pengadilan Negeri (PN) Sleman, Selasa (12/2) akhirnya ditolak. Ditolaknya permohonan praperadilan setelah hakim menyatakan penetapan tersangka pemohon oleh termohon sah menurut hukum.

“Menyatakn permohonan praperadilan yang diajukan pemohon ditolak untuk seluruhnya. Termohon dalam menetapkan tersangka atas diri pemohon telah memenuhi tiga alat bukti sehingga telah sesuai dengan ketentuan yang disyaratkan dalam KUHAP maupun putusan Mahkamah Konstitusi Nomor: 21-PUU/XII/2014,” ujar hakim Hendri Irawan SH MH dalam pembacaan putusan.

Selain itu hakim menyatakan proses penyelidikan dan penyidikan yang dilakukan termohon telah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Selain itu pemohon tidak dapat membuktikan dalil-dalil dalam permohonannya.

Dalam perkara ini, sebelumnya pemohon mengajukan praperadilan berdasarkan Surat Panggilan Nomor: S.Pgl/93/I/2019/Ditreskrimum pada 10 Januari 2019 sebagai tersangka.

Awalnya pemohon dilaporkan Margono karena telah melakukan dugaan tindak pidana penggelapan uang pesangon mantan karyawan STIE Kerjasama sebesar Rp 3,6 miliar sebagaimana dimaksud dalam Pasal 372 KUHP. Atas laporan itu termohon melakukan penyelidikan dan penyidikan.

Setelah ditemukan tiga alat bukti selanjutnya termohon menetapkan tersangka atas dirinya pemohon. Selama ini termohon dalam melakukan penyelidikan sudah berdasarkan peraturan perundang-undangan sebagaimana diatur dalam pasal 1 angka 5 UU No 8 tahun 1981 tentang Hukum Acara Pidana.

Termohon juga telah mendapatkan fakta-fakta yang menguatkan dengan benar telah terjadi suatu perisitiwa yang diduga sebagai tindak pidana penggelapan.
Dari hasil penyelidikan, termohon melakukan gelar perkara pada Senin 30 April 2018 dengan rekomendasi agar penyidik meningkatkan status perkara menjadi penyidikan dan menetapkan pemohon sebagai tersangka. (C-5)


Pin It on Pinterest

Read previous post:
PUTUSAN PENGADILAN INKRAH- Kejari Eksekusi Timses Calon Anggota DPD

BANTUL (MERAPI) – Kejaksaan Negeri (Kejari) Bantul sukses melakukan eksekusi terhadap oknum guru Durori SPdI MPd selaku pelaksana kampanye pemilu

Close