KASUS KEPALA CABANG TIPU 13 KONSUMEN-Pejabat Diler Bungkam, Korban Minta Kejelasan

SLEMAN (MERAPI)- Pihak diler Yamaha Harpindo Jaya di Jalan Raya Monjali, Sinduadi, Mlati, Sleman belum memberikan kepastian apakah akan mengembalikan uang konsumen atau mengirim motor sesuai pesanan terkait aksi penipuan yang dilakukan kepala cabang diler, IG. Sejauh ini, sudah ada 13 konsumen yang tertipu ulah pelaku. Rata-rata, korban membayar cash pembelian motor namun pesanan tak dikirim.
Kasus ini masih dalam penyelidikan Sat Reskrim Polres Sleman. Polisi juga telah menetapkan Kepala Cabang Harpindo berinisial IG (36) warga Umbulharjo Yogya sebagai tersangka lantaran tidak menyetorkan uang konsumen ke kantor.

Rata-rata konsumen telah menyetorkan uang pembelian sepeda motor secara cash dengan kisaran mencapai Rp 27 juta. Pembayaran uang muka dibuktikan dengan kuitansi berstempel Yamaha Harpindo Jaya.
Namun setelah ditunggu berbulan-bulan, motor yang dibeli belum juga di tangan para korban.
“Sampai saat ini pihak Yamaha Harpindo Jaya belum ada respons lagi terhadap konsumen yang menjadi korban. Saya berharap pihak diler bertanggungjawab dengan masalah ini,” beber salah satu korban, Sigit Pamungkas, Senin (11/2).
Menurutnya, para korban menilai Harpindo Jaya terkesan hendak cuci tangan. Sebab, pembayaran uang muka dilakukan di diler. Yang artinya pihak Harpindo Jaya turut bertanggung jawab atas kejadian tersebut.
“Saya bayarnya ke diler dengan bukti kuitansi cap stempel perusahaan,” beber Sigit.

Para korban pun mengancam akan membawa persoalan ini ke ranah hukum. Upaya itu urung dilakukan bila diler khusus sepeda motor Yamaha Harpindo Jaya ini memiliki niatan baik mengembalikan uang korban.
“Saya ingin ketemu pihak diler untuk meminta kepastian dulu. Kalau memang tidak bisa tanggungjawab ya lapor polisi dan perlindungan konsumen,” tandasnya.
Sementara itu, Kasat Reskrim Polsek Sleman AKP Anggaito Hadi Prabowo membenarkan adanya informasi dugaan penipuan tersebut. Sejauh ini belum ada korban yang melapor, selain pihak diler yang juga menjadi korban.

“Pelaku ini juga mengambil motor empat unit dan dikirim ke konsumen tanpa surat-surat. Sementara uang pembayaran juga tidak disetorkan,” jelasnya.
Anehnya mesti korban memberikan kronologis penipuan secara jelas, pihak terlapor bukan Yamaha Harpindo Jaya. Melainkan oknum karyawan bagian Kepala Cabang yang telah melarikan uang pembelian motor.
“Kuat dugaan ada 13 konsumen yang menjadi korban, itu (penipuan) dilakukan oknum karyawan dealer,” ujar Anggaito.
Terpisah Kris Nugroho Kepala Area Harpindo masih bungkam terkait peristiwa penipuan yang dilakukan oleh karyawananya sendiri. Hingga saat ini pihak Yamaha Harpindo Jaya juga belum bisa dikonfirmasi wartawan.

Seperti diketahui, seorang Kepala Cabang diler motor Yamaha Harpindo Yogya di kawsan Monjali, Mlati, Sleman, IG (36) warga Umbulharjo Yogya ditangkap polisi setelah menipu belasan konsumen pembeli motor. Pelaku meraup uang hingga ratusan juta rupiah setelah memalsukan kuitansi pembelian. Dari belasan motor yang dipesan dan dibayar konsumen, hanya empat yang dikirim, itupun bodong alias tanpa surat-surat.(Shn)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
MERAPI-HUMAS POLSEK GIRISUBO Petugas memeriksa bus yang terguling di tanjakan Desa Pucung.
Gagal Nanjak, Minibus Penuh Penumpang Ngguling

WONOSARI (MERAPI)–Minibus AD 1023 HV sarat muatan yang mengangkut 11 penumpang terguling di ruas jalan Desa Pucung, Girisubo, Gunungkidul, Senin

Close