Gagal Nanjak, Minibus Penuh Penumpang Ngguling

MERAPI-HUMAS POLSEK GIRISUBO Petugas memeriksa bus yang terguling di tanjakan Desa Pucung.
MERAPI-HUMAS POLSEK GIRISUBO/Petugas memeriksa bus yang terguling di tanjakan Desa Pucung.

WONOSARI (MERAPI)–Minibus AD 1023 HV sarat muatan yang mengangkut 11 penumpang terguling di ruas jalan Desa Pucung, Girisubo, Gunungkidul, Senin (11/2) pagi. Akibatnya, satu orang penumpang dilaporkan tewas sedangkan beberapa penumpang lainnya cedera. Kuat dugaan, minibus terguling akibat tak kuat saat menanjak.
Kapolsek Girisubo AKP Mursidiyanto kepada wartawan mengatakan, peristiwa nahas ini bermula saat minibus yang dikendarai Supar melaju dari Pasar Ngrancah menuju ke Pracimantoro, Wonogiri. Sesampainya di tanjakan Dusun Nujo, diduga minibus ini tak kuat menanjak akibat muatan yang penuh.

Karena sopir tak bisa menguasai kendaraan, minibus berjalan mundur hingga akhirnya menabrak sebuah pohon.
Akibatnya minibus terguling dan berhenti dalam posisi terbalik. “Akibat kejadian itu, satu orang penumpang bernama Ny Sajiyem (45) warga Desa Pucung terlempar dari dalam mobil dan meninggal dunia akibat luka yang cukup parah,” jelas Mursidiyanto.
Sementara korban cedera dilarikan ke rumah sakit. Mereka yakni Ny Sri Martini (39), Ny Gemi (43), Tata (29), Ny Surahmi (42), Ny Sarni (40), Sarijo (45), Kasi (42), Ny Sariyem (45) dan Karmin (43) warga Desa Pucung, Girisubo.
Kanit Laka Lantas Polres Gunungkidul, Iptu Soni Yuniawan menambahkan, sebelum kecelakaan terjadi, kenek minimbus sudah berusaha mencari ganjal ban agar kendaraan tidak melaju mundur karena tidak kuat menanjak.

Namun demikian, usaha tersebut tak membuahkan hasil karena minibus tetap berjalan mundur dan menabrak pohon di sisi kanan jalan hingga akhirnya terbalik.
Dijelaskan, sampai dengan saat ini, pihaknya masih melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi. Sehingga, penyebab pasti kecelakaan pun belum diketahui. Pihaknya mengimbau kepada para pengemudi untuk memeriksa kendaraanya terlebih dahulu sebelum menggunakan beraktivitas, seperti melakukan pengecekan mesin dan rem. “Pemeriksaan rutin diperlukan untuk menjaga keselamatan bersama,”terangnya.(Pur)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
KEJURKAB PENCAK SILAT TEMANGGUNG – Diikuti Ratusan Pelajar

TEMANGGUNG (MERAPI) - Ratusan pelajar dari sejumlah sekolah mengikuti Kejurkab Pencak Silat di GOR Kabupaten Temanggung. Kejuaraan itu untuk memupuk

Close