Lubang Penyedot Aliran Kali Kuning Dicor Beton

MERAPI-ATIEK WIDYASTUTI Proses penanganan Kali Kuning terus dilanjutkan menggunakan alat berat.
MERAPI-ATIEK WIDYASTUTI/Proses penanganan Kali Kuning terus dilanjutkan menggunakan alat berat.

SLEMAN (MERAPI)- Dinas Pekerjaan Umum, Pemukiman dan Kawasan Pemukiman (DPUPKP) Kabupaten Sleman masih melakukan penanganan di Kali Kuning, tepatnya di Dusun Sambirejo, Selomartani, Kalasan, Sleman menyusul timbulnya lubang yang menyedot air di aliran sungai. Tim dari Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO) juga terjun ke lokasi.
Sebelumnya dari DPUPKP Sleman sudah melakukan upaya untuk normalisasi sungai. Di mana arus sungai diarahkan ke pintu air. Namun derasnya aliran air disertai pasir membuat air tergerus ke bawah. Hingga membuat lubang seperti yang terjadi, Jumat (8/2) lalu.

Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga DPUPKP Sleman Akhmad Subhan mengatakan, untuk penanganan di Kali Kuning akan dilakukan bersama dengan BBWSSO. Terutama jika tingkat kerusakannya berat. Hal itu juga berdasarkan usia bendungan yang sudah hampir 40 tahun.
“Sebenarnya kalau struktur bendungan tidak masalah. Tidak pecah juga. Hanya saja tingginya curah hujan yang tinggi serta tertutupnya pintu air, secara otomatis air mencari lubang,” ujarnya, Senin (11/2).
Untuk penanganan pada lubang, tidak lagi sebatas menggunakan bronjong saja. Melainkan cor beton. Tim juga sudah mengosongkan lubang dan dicek untuk ditentukan titik perbaikannya. Material di hulu akan ditarik untuk merapat ke posisi bendungan.

Kali Kuning sendiri merupakan salah satu sungai yang berhulu langsung ke Gunung Merapi. Masih tingginya curah hujan juga menjadi pertimbangan DPUPKP Sleman untuk segera melakukan penanganan. “Upaya langsung kita tangani. Karena pada prinsipnya untuk struktur bendungan dan jembatan tidak ada masalah,” ungkap Akhmad Subchan.
Seperti diberitakan sebelumnya, aliran air di Kali Kuning tersebut tersedot ke dasar sungai. Aliran air tidak mengikuti aliran sungai, melainkan tersedot menuju sebuah lubang berdiameter 4×3 meter dengan kedalaman sekitar 2 meter yang berada tepat di tengah. (Awh)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
KIPER MENGERUCUT KE RANGGA PRATAMA – Silvio Escobar ‘Trial’ di PSS

SLEMAN (MERAPI) - Pemain asing asal Paraguay, Silvio Escobar, bakal menjalani trial di PSS Sleman. Namun ujung tombak yang musim

Close