Kelurahan di Sukoharjo Tunggu Pencairan Dana Bantuan Kelurahan

SUKOHARJO (MERAPI) – Sebanyak 17 kelurahan di Sukoharjo menanti pencairan dana bantuan kelurahan dari pemerintah untuk kali pertama pada tahun 2019 ini. Bantuan tersebut sama fungsinya seperti dana desa untuk desa. Pihak kelurahan menyambut gembira bantuan meski nilainya masih kecil namun tetap akan dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kepentingan masyarakat.

Lurah Gayam, Kecamatan Sukoharjo Kota Havid Danang, Jumat (8/2) mengatakan, pihak Kelurahan Gayam, Kecamatan Sukoharjo Kota sampai awal Februari ini masih menunggu pencairan dana bantuan kelurahan dari pemerintah pusat. Rencananya dana yang akan diterima sebesar Rp 123 juta dan belum diketahui kapan kepastiannya dicairkan. Meski begitu penggunaan dana tersebut untuk apa sudah diprogramkan yakni untuk pengaspalan jalan.

Program tersebut bahkan sudah diajukan ke Pemkab Sukoharjo karena teknis pengaspalan jalan setelah dana bantuan kelurahan turun harus melalui proses lelang. Jalan yang akan mendapatkan pengaspalan direncanakan hanya dilakukan pada satu titik saja.

“Dana bantuan kelurahan untuk Kelurahan Gayam, Kecamatan Sukoharjo Kota dipastikan cair tahun 2019 ini. Tapi kami belum tahu pasti bulan apa akan cair. Yang jelas apabila sudah cair maka akan kami gunakan untuk pengaspalan jalan,” ujarnya.

Pemerintah Kelurahan Gayam, Kecamatan Sukoharjo Kota sangat berterimakasih dengan adanya dana bantuan kelurahan. Sebab dana bantuan kelurahan tersebut sangat memiliki manfaat besar untuk pengembangan pembangunan kelurahan.

“Sangat berguna dana bantuan kelurahan juga agar kelurahan tidak tertinggal jauh soal pembangunan dibandingkan desa yang sebelumnya sudah mendapat dana desa dan alokasi dana desa,” lanjutnya.

Pembangunan di wilayah kelurahan diakui Havid Danang memang tengah menjadi sorotan karena menggantungkan sepenuhnya pada Pemkab Sukoharjo. Berbeda dengan desa yang sudah menerima dan mengelola dana desa dan alokasi dana desa sendiri sehingga membuat pembangunan desa semakin maju.

Adanya dana bantuan kelurahan membuat pihak kelurahan bisa memajukan wilayahnya dibidang pembangunan. Dengan demikian maka secara bertahap program pembangunan yang sudah direncanakan bisa segera terealisasi semua.

Lurah Joho Kecamatan Sukoharjo Kota Wisnu Pramudya Wardhana mengatakan, keberadaan dana bantuan kelurahan dari pemerintah sangat diharapkan bagi kelurahan tidak terkecuali di Sukoharjo. Sebab banyak program kelurahan yang bisa dijalankan dengan dana bantuan kelurahan dari pemerintah. Pembangunan tidak sekedar hanya jalan namun juga talud dan lainnya.

Sekretaris Daerah (sekda) Sukoharjo Agus Santosa mengatakan, kali pertama Kabupaten Sukoharjo tahun ini akan mendapatkan dana bantuan secara bersamaan baik untuk desa melalui dana desa dan alokasi dana desa. Sedangkan kelurahan akan mendapatkan dana bantuan kelurahan. Pada tahun sebelumnya Kabupaten Sukoharjo hanya menerima dana desa dan alokasi dana desa untuk desa saja. Karena itu pemberian dana bantuan kelurahan yang akan diterima kali pertama sangat bermanfaat untuk pengembangan wilayah.

Khusus untuk dana bantuan kelurahan Pemkab Sukoharjo sudah meminta kepada masing masing lurah melakukan perencanaan terlebih dahulu dengan matang memakai skala prioritas. Sebab dana bantuan kelurahan yang akan diterima belum sebesar dana desa atau alokasi dana desa untuk desa.

“Misalkan dana bantuan kelurahan itu akan dipakai untuk pembangunan jalan. Maka jalan mana yang akan dibangun dulu. Sebab bisa jadi dalam satu kelurahan ada lebih dari satu titik jalan yang perlu dibangun,” ujarnya. (Mam)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
ilustrasi
BAWA BATU, 8 PELAJAR DITANGKAP-Polisi Gagalkan Penyerangan Sekolah

TEGALREJO (MERAPI) - Delapan pelajar SMA di Kota Yogya, digelandang ke Polresta Yogya, Minggu (10/2) pukul 02.00. Mereka dipergoki polisi

Close