STAND UP COMEDY SAMAWI INSTITUTE – Ajak Generasi Muda Gunakan Hak Pilih

MERAPI-AWAN TURSENO HM Idham Samawi memberikan sambutan pada final lomba Stand Up Comedy.
MERAPI-AWAN TURSENO
HM Idham Samawi memberikan sambutan pada final lomba Stand Up Comedy.

SLEMAN (MERAPI) – Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan dilaksanakan pada 17 April 2019, menjadi perhatian tersendiri bagi Samawi Institute. Lembaga ini menyoroti pemilih pemula yaitu generasi muda yang masih dipandang sebelah mata dalam keikutsertaan dalam pesta demokrasi.

Direktur Samawi Institute, Haswan Iskandar Jaya menjelaskan, negara Indonesia banyak menaruh harapan kepada anak muda yang biasa disebut generasi milenial. Salah satu harapan tersebut, yakni dalam memilih calon pemimpin pada pemilu 2019 mendatang.

“Generasi muda dan pemilih pemula masih sering dipandang sebelah mata. Karena dianggap anak baru kemarin sore,” kata Haswan dalam sambutannya pada Lomba Stand Up Comedy yang diselenggarakan Samawi Institute di Sleman City Hall, Minggu (10/2).

Hadir pada kesempatan tersebut Anggota DPR RI daerah pemilihan DIY HM Idham Samawi, Pembina Samawi Institute Hj Ida Idham Samawi dan Direktur Utama KR Group dr Gun Hugroho Samawi.

Menurut Haswan, dengan acara tersebut diharapkan dapat memberikan pelajaran dan motifasi kepada generasi milenial untuk perpartisipasi pada pemilu mendatang. Generasi muda yang cerdas, dapat menentukan pilihan pemimpin yang benar dan menjadi harapan bangsa.

Senada, Ketua Panitia Lomba, Muhammad Fairaz menyampaikan, tujuan diselenggarakan kegiatan tersebut karena rasa kekhawatiran panitia dengan keapatisan anak-anak muda atau pemilih pemula. Terutama saat menentukan pilihan calon pemimpin bangsa pada pemilu mendatang.

“Generasi milenial jangan sampai memilih calon pemimpin hanya berdasarkan dari sosok yang cantik atau ganteng. Tetapi carilah pemimpin yang berkualitas,” ungkapnya.

Di sisi lain, dunia politik sering dianggap keras dan suasana panas. Lomba stand up comedi yang mengambil tajuk demokrasi ini dapat mengemas situasi politik dengan cara canda dan suasana dingin.

Anggota DPR RI dapil DIY, HM Idham Samawi yang hadir pada kesempatan tersebut menegaskan, salah satu bentuk pendekatan kepada pemilih pemula dengan melakukan sosialisasi melalui berbagai cara termasuk lomba Stand Up Comedy.

Hal ini merupakan bentuk pembelajaran politik kepada anak bangsa yang kebetulan baru pertama kali dalam menggunakan hak pilihnya. Sehingga mereka tergerak dan memandang bahwa politik tidak semata-mata jelek, tetapi politik itu baik.

Ditegaskan Idham, di Indonesia, masyarakat yang menggunakan hak pilih hanya berkisar 70 persen. Artinya yang tidak menggunakan hak pilih berkisar 30 persen bahkan lebih. Berdasarkan hasil survei, angka 30 persen tersebut didominasi oleh generasi milenial.

“Sekalipun mereka intelektualnya tinggi, tetapi karena mendapat informasi hoax bahwa politik itu kotor dan sebagainya, pembelajaran ini diharapkan mengubah pandangan bagi anak muda,” pungkasnya. (Awn)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
ilustrasi
DIDUGA TERPELESET – Suparmi Ditemukan Tewas di Kamar Mandi

BERBAH (MERAPI)- Diduga terpeleset, Suparmi (43) warga Dusun Sendang RT 04 RW 15 Desa Sendangtirto, Kecamatan Berbah Sleman ditemukan tewas

Close