BADAN OTORITA BOROBUDUR GARAP GLAMOROUS CAMPING DELANO-Usung Wisata Nomadik di Purworejo

Jumpa pers launching even DeLoano dan Pasar Digital di kawasan Borobudur Highland. (MERAPI-AGOES JUMIANTO)

MAKIN maraknya daerah tujuan wisata alam yang menarik dikunjungi dan instagramable, terlebih dengan kekayaan sekaligus keindahan alam Indonesia yang eksotis tentu menjadi kebanggan tersendiri negeri ini untuk lebih menggaet wisatawan domestik maupun mancanegara. Salah satu tempat wisata alam baru dengan konsep nomadic tourism ini terletak di Desa Sedayu, Kecamatan Loano, Purworejo.

Sesuai letak geografisnya, tempat wisata yang digarap bareng Badan Otorita Borobudur (BOB) dengan Perum Perhutani ini diberi nama DeLoano, sebuah konsep showcase yang mempromosikan konsep pengembangan Glamorous Camping kepada masyarakat dan investor.

Dalam jumpa wartawan di Aula Kantor BOB, Jl Faridan M Noto Kotabaru Yogyakarta, Kamis (7/2), Direktur Destinasi Pariwisata Badan Otorita Borobudur, Agustin Paranginangin, menjelaskan kehadiran Glamorous Camping melaksanakan amanat Perpres 46 tahun 2017 yaitu mengembangkan zona otorita menjadi destinasi wisata, dan implementasi strategi Menteri Pariwisata.

Tugas utama BOB mencakup pengembangan Zona Otorita seluas 309 hektar di wilayah Purworejo. Dari luasan itu, 1,3 hektar menjadi lahan event Glamorous Camping dengan atraksi pendukungnya. Zona otorita sendiri diberi nama ‘Borobudur Highland’ dan Glamorous Camping (Glamping) diberi nama ‘DeLoano’.

“Melengkapi kehadiran DeLoano, BOB menyediakan semi-outdoor restaurant, Tourism Information Center, semi-outdoor cinema, cozy seating spot, photospot, dan toilet umum,” jelas Agustin Paranginangin.

Ditambahkan Agustin, Glamorous Camping bukan hanya sekadar tenda, namun juga aktivitas penyertanya yang akan memberikan pengalaman berbeda bagi wisatawan. Untuk menambah atraksi dan keterlibatan masyarakat, BOB bekerja saja dengan GenPi Purworejo menggelar pasar digital di desa Sedayu, atau sekitar 15 menit dari area Glamping.

Pasar digital dijadikan sebagai salah satu aktivitas dari pengunjung Glamping. Kegiatan yang menjadi implementasi strategi menteri pariwisata tentang digital destination. Sedikitnya 70 anggota masyarakat akan berjualan produk lokal yang siap diviralkan.

Menjadi bagian daya tarik Glamping DeLoano berbagai even menarik juga siap digelar di tempat ini, mulai dari festival musik hutan, tracking foto, menggambar hutan, sekolah hutan, dan juga happy survival.

“Rencananya DeLoano dan Pasar Digital di kawasan Borobudur Highland iniakan dilaunching secara resmi oleh Menteri Pariwisata pada 14 Februari 2019 yang akan datang,” pungkas Agustin Paranginangin. (Aja)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
MERAPI-NOOR RIZKA Dua anggota geng pelajar dijebloskan penjara usia membacok pelajar lain.
Anggota Geng Bentrok, Pelajar Dibacok

GONDOKUSUMAN (MERAPI)- Enam anggota geng pelajar diringkus petugas gabungan Polda DIY dan Polsek Gonsokusuman Yogya, Rabu (6/2). Dua orang ditetapkan

Close