PRAPERADILAN TERHADAP KAPOLDA DIY- Penetapan Tersangka Sesuai Undang-undang


Sidang praperadilan atas penetapan tersangka Timbang Ginting yang digelar di PN Sleman.(MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)
Sidang praperadilan atas penetapan tersangka Timbang Ginting yang digelar di PN Sleman.(MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)

SLEMAN (MERAPI) – Tim kuasa hukum Heru Nurcahya SH MH dkk selaku kuasa termohon Kapolda DIY menyatakan penyelidikan dan penyidikan termohon sesuai Laporan Polisi Nomor: LP/0173/III/ 2018/DIY/SPKT pada 13 Maret 2018 telah sesuai dengan ketentuan undang-undang.

“Setelah termohon melakukan penelitian perkara a quo kemudian menerbitkan Surat Perintah Tugas dan Surat Perintah Penyelidikan yang hasilnya dituangkan ke dalam Laporan Hasil Penyelidikan tertanggal 27 April 2018,” ujar Heru Nurcahya SH MH dalam jawaban atas praperadilan yang dimohonkan tersangka Timbang Ginting dalam sidang di Pengadilan Negeri (PN) Sleman, Kamis (7/2).

Sebelumnya pemohon mengajukan praperadilan berdasarkan Surat Panggilan Nomor: S.Pgl/93/I/2019/Ditreskrimum pada 10 Januari 2019 sebagai tersangka. Pemohon sebelumnya dilaporkan Margono karena telah melakukan dugaan tindak pidana penggelapan uang pesangon mantan karyawan STIE Kerjasama sebagaimana dimaksud dalam pasal 372 KUHP.

Selama ini pemohon dalam melakukan penyelidikan sudah berdasarkan peraturan perundang-undangan sebagaimana diatur dalam pasal 1 angka 5 UU No 8 tahun 1981 tentang Hukum Acara Pidana. Pemohon juga telah mendapatkan fakta-fakta yang menguatkan dengan benar telah terjadi suatu perisitiwa yang diduga sebagai tindak pidana penggelapan.

Dari hasil penyelidikan, termohon melakukan gelar perkara pada Senin 30 April 2018 dengan rekomendasi agar penyidik meningkatkan status perkara menjadi penyidikan.

Sementara pemohon dalam repliknya menyatakan penetapan tersangka tak sesuai prosedur hukum. Sebaliknya, termohon menyatakan telah menemukan alat-alat bukti yang membuktikan pemohon telah melakukan perbuatan pidana penggelapan. (C-5)


Pin It on Pinterest

Read previous post:
MERAPI-ZAINURI ARIFIN Pengembang perumahan MVB saat menggelar launching di Baledesa Bangunjiwo
BANGUN PERUMAHAN NAWA VILLAGE BANGUNJIWO Rumah Subsidi Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

MEMILIKI rumah sendiri adalah impian semua orang terutama para pasangan yang baru menikah. Rumah subsidi adalah program yang sedang dibuat

Close