DISPAR DIY LAUNCHING CALENDAR OF EVENT – 47 Event Unggulan Siap Digelar

MERAPI-ISTIMEWA Paku Alam X dan Ir. Singgih Raharjo melaunching Calendar Of Event dengan memukul perkusi.
MERAPI-ISTIMEWA
Paku Alam X dan Ir. Singgih Raharjo melaunching Calendar Of Event dengan memukul perkusi.

BANGUNTAPAN (MERAPI) – Dinas Pariwisata (Dispar) DIY melaunching Calendar Of Event, di Hotel Grand Dafam Rohan Jogja, Senin (4/2) siang. Didampingi Kepala Dispar DIY Ir. Singgih Raharjo, Calender Of Event dibuka wakil Gubernur DIY, Paku Alam X dengan memukul perkusi.

Dalam Calendar Of Event tersebut terdapat 47 event unggulan yang terbagi di 4 kabupaten dan 1 kota di DIY, yakni 18 event di Kota Yogyakarta, 8 Event di Bantul, 4 event di Kulon Progo, 7 event di Gunungkidul, 9 event di Sleman dan 1 event lintas kabupaten. Event-event tersebut seperti Kembul Sewu Dulur, lomba Seni Suara Burung Perkutut, Festival Alun-Alun Selatan, Merapi Night Festival, Festival Lintas Komunitas, Lomba Pacuan Kuda, Jogja International Heritage, Ngayogjazz, Pasar Keroncong Kotagede, Festival Layang-Layang, Festival Tutup Tahun, Festival Gerobag Sapi, Sriten Festival, Festival Perahu Naga dan lainnya.

Event tersebut terbagi dalam beberapa ragam bentuk yakni 10 event destinasi, 12 event komunitas, 14 seni budaya, dan 11 event sport. Selain event unggulan, terdapat ratusan event tersebar di DIY yang siap dinikmati oleh wisatawan di tahun 2019.

Launching Calendar of event 2019 bertujuan untuk memperkenalkan agenda wisata kepada masyarakat maupun wisatawan. Selain itu untuk memberikan informasi penyelenggaraan event secara lengkap sehingga wisatawan dapat mengatur dan menyesuaikan waktu berkunjung ke DIY.

Wakil Gubernur DIY Paku Alam X mengatakan, kedudukan sektor pariwisata sebagai salah satu pilar kemajuan bangsa semakin menunjukkan kontribusi, posisi dan peran yang sangat penting. Kontribusi tersebut berpengaruh pada pendapatan daerah, pengembangan wilayah, maupun dalam penyerapan tim prestasi dan tenaga kerja di berbagai wilayah. Kontribusi ekonomi kreatif pariwisata Indonesia dengan beragam sosiobudaya menjadi sumber inspirasi dalam mengembangkan ekonomi kreatif Indonesia.

“Launching ini menjadi momentum yang baik guna mempromosikan serta menciptakan generasi pembangunan dan pengembangan kepariwisataan DIY yang bermuara pada perkembangan ekonomi keatif dan industri dalam jasa pelayanan dunia kepariwisataan,” papar Paku Alam X

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Ir. Singgih Raharjo menjelaskan, sektor pariwisata memberikan kontribusi yang cukup besar bagi DIY. Dengan diluncurkannya Calendar Of Event nantinya sektor jasa termasuk pariwisata akan menjadi unggulan dan andalan dalam meningkatkan perekonomian DIY sesuai dengan visi rencana pembangunan jangka panjang tahun 2025.

Singgih mengungkapkan, dalam rangka capaian target kunjungan wisatawan DIY sebesar 5,9 juta wisatawan pada tahun 2019, peran media informasi pariwisata sangatlah penting dalam menyampaikan potensi pariwisata, sekaligus upaya pemasaran dalam mengembangkan potensi wisata DIY. (*)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
MERAPI-AMIN KUNTARI Sopir pelaku tabrak lari dimintai keterangan petugas kepolisian.
SOPIR MAUT DITANGKAP POLISI-Tabrak Lari Tewaskan Petugas Kebersihan

PENGASIH (MERAPI) - Seorang petugas kebersihan bawah jembatan, Purwanto (46) warga Ngento, Pengasih, Kulonprogo, menjadi korban tabrak lari, Rabu (6/2).

Close