Penyimpanan Buruk, Kotak Suara Pemilu Rawan Rusak

Kotak suara untuk Pemilu 2019 dirakit di gudang KPU Kota Yogyakarta. (MERAPI-TRI DARMIYATI)

 YOGYA (MERAPI) – Kotak suara untuk Pemilu 2019 di wilayah Kota Yogyakarta mulai dirakit. Perakitan dan penyimpanan kotak suara berbahan karton dupleks itu juga menjadi perhatian karena memiliki kerawanan dibandingkan kotak suara berbahan aluminium.

“Kerawanannya kalau gudang ada kebocoran, tikus dan jamur yang bisa membuat kotak suara berlubang atau rusak,” kata Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Yogyakarta, Tri Agus Inharto, saat memantau perakitan kotak sura di Gudang KPU Kota Yogyakarta, Rabu (6/2).

Menurutnya meskipun kotak suara telah diuji dan dinyatakan aman oleh KPU RI, tapi masih memiliki kerawanan jika penyimpanan tidak diantisipasi. Terutama jika gudang bocor kena tetesan air dan jamuran lama kelaman bisa merusak kotak suara. Dalam kesempatan itu juga disampling satu kotak suara diuji dengan diduduki.

“Yang dikhawatirkan kalau hujan dan korsleting listrik atau kena api karena bahan kotak suara mudah terbakar. Makanya kami minta KPU bisa mengantisipasi kerawanan itu menyimpan kotak suara yang telah dirakit,” papar Agus.

Sementara itu Komisi KPU Kota Yogyakarta Divisi Hukum dan Pengawasan Erizal menyebut total ada 7.145 kotak suara yang harus dirakit. Perakitan melibatkan 20 personal dan dalam sehari ditergetkan bisa terakit 600 kotak suara. Pengunci kotak suara bukan dengan gembok seperti pada Pemilu sebelumnya. Tapi menggunakan kabel ties.

“Target kami seminggu bisa selesai perakitan kotak suara ini. Sejauh ini belum ada kendala maupun temuan kotak suara rusak. Kalau ada yang rusak kami mintakan ke KPU RI karena tidak ada cadangan kotak suara,” terang Rizal.

Sedangkan Ketua KPU Kota Yogyakarta Hidayat Widodo menjelaskan penyimpanan kotak suara dengan penanganan khusus yaitu memasang palet atau papan kayu agar tidak langsung bersentuhan dengan lantai. Selain itu fumigasi dan penyemprotan desinfektan agar tidak ada rayap atau hama lain yang merusak logistik.

“Kotak suara yang telah dirakit juga dilapisi dengan plastik dan terpal,” imbuhnya. (Tri)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
MERAPI-SAMENTO SIHONO Kombes Pol Hadi Utomo (kanan) saat memberikan keterangan pers terkait kasus dugaan perkosaan mahasiswi UGM.
PENYIDIKAN DILANJUTKAN-Polisi: Diduga Perkosaan Mahasiswi UGM Tak Terjadi

DEPOK (MERAPI)- Meski kasus dugaan perkosaan mahasiswi Universitas Gadjah Mada (UGM), AN oleh temannya, HS saat mereka KKN di Maluku

Close