Giliran Anggrek Pedestrian Suroto Raib

Bunga anggrek ditanam di pohon perindang boulevard pedestrian Jalan Suroto Yogyakarta. (MERAPI-TRI DARMIYATI)

GONDOKUSUMAN (MERAPI) – Setelah lempeng jalur tunanetra jadi sasaran tangan jahil, kini giliran tanaman anggrek yang ditanam di pohon perindang pedestrian Jalan Suroto Kotabaru Yogyakarta yang raib. Meski anggrek yang hilang tersebut sudah diganti, namun masyarakat diharapkan dapat menikmati taman pedestrian, tanpa dimiliki sendiri.

“Beberapa tanaman anggrek di pedestrian Jalan Suroto memang ada yang hilang. Tapi langsung kami ganti dengan yang baru,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta, Suyana, Rabu (6/2).

Pihaknya menyayangkan ulah usil dari oknum tidak bertanggung jawab yang diduga sengaja mengambil anggrek yang ditanam pada pohon-pohon perindang pedestrian. Hilangnya tanaman anggrek itu sudah beberap waktu lalu. Tidak berapa lama setelah sejumlah guiding block di pedestrian Jalan Suroto hilang.

“Sebenarnya sudah kami antisipasi dengan mengikat tanaman anggrek di pohon. Tapi mungkin karena anggreknya disukai dan ‘pengin dimiliki’. Kami harap masyarakat yang datang ke sana menikmati saja bunganya. Tidak memiliki karena itu milik bersama,” tuturnya.

Dia menjelaskan dipilihnya bunga anggrek itu untuk menambah keindahan taman di boulevard pedestrian Jalan Suroto. Selain anggrek, ada tanaman tanduk rusa dan kadaka yang ditanam di pohon-pohon perindang di boulevard yang telah direvitalisasi. Diakuinya dengan tanaman anggrek yang dipilih, memerlukan perawatan ekstra dibandingkan tanaman lainnya.

“Anggrek yang ditanam itu macam–macam jenisnya. Itu adalah anggrek hasil para pembudidaya anggrek di Kota Yogyakarta binaan pemkot. Butuh ekstra perawatan, makanya kami harap masyarakat ikut menjaga dan tidak merusaknya,” ucap Suyana.

Sebelumnya, sejumlah guiding block di pedestrian Jalan Suroto Kotabaru juga hilang. Diduga hilangnya ratusan lempeng guiding block berbahan baja karena tindakan yang disengaja, dirusak untuk diambil. Untuk mengantisipasi kehilangan serupa, Pemkot Yogyakarta kini telah memasang kamera CCTV guna membantu pengawasan. (Tri)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Rubah Sampah Jadi Berkah

PEMANFAATAN sampah menjadi barang-barang berguna sudah dipraktikan beberapa pihak. Beberapa pelatih atau instruktur pengolahan/pemanfaatan sampah pun semangat memberikan pelatihan di

Close