SENGEKETA PTUN FINAL- IMB Sah, SPBU Timoho Segera Beroperasi


Manajer SPBU Timoho Wahyu Pamungkas saat memberikan keterangan kepada wartawan. (MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)
Manajer SPBU Timoho Wahyu Pamungkas saat memberikan keterangan kepada wartawan. (MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)

YOGYA (MERAPI) – Setelah Izin Mendirikan Bangunan (IMB) SPBU Timoho di Jalan Ipda Tut Harsono Timoho Muja-muju Umbulharjo Yogyakarta yang dikeluarkan tergugat Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Kota Yogyakarta dinyatakan sah secara hukum, pihak manajemen berencana segera mengoperasikan SPBU.

“Kami anggap masalah hukum telah selesai. Untuk itu diharapkan pertengahan atau akhir Februari, SPBU segera beroperasi,” ujar Manager SPBU Timoho, Wahyu Pamungkas kepada wartawan, Senin (4/2).

Diharapkan dengan berdirinya SPBU Timoho dapat membantu masyarakat yang membutuhkan bahan bakar minyak. Selain itu keberadaan SPBU juga dapat menyejahterakan masyarakat sekitar. Karena sebagian karyawan diambil dari sekitar SPBU dan diharapkan memberdayakan masyarakat sekitar.

Diketahui, sesuai dengan penetapan Ketua PTUN Yogyakarta pada 31 Oktober 2018, IMB SPBU Timoho sah menurut hukum. Dengan adanya penetapan itu, perkara gugatan pembatalan IMB SPBU Timoho atas nama PT Prakarsa Bumi Bahari yang diajukan Eko Wibowo telah inkrah dan berkekuatan hukum tetap. Sehingga sudah tak ada hak penggugat atau siapapun untuk menolak berdirinya SPBU tersebut.

Keluarnya surat penetapan setelah Ketua PTUN menerima salinan putusan Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PT TUN) Surabaya pada 6 September 2018. Putusan itu telah menguatkan putusan PTUN Yogyakarta pada 11 April 2018 yang intinya majelis hakim menolak gugatan yang diajukan penggugat.

Dalam dalil gugatan yang diajukan pada 2017 itu, penggugat melakukan gugatan pembatalan IMB SPBU Timoho karena dinilai telah merugikan penggugat karena sebagai pemilik tanah yang bersebelahan. Selama ini penggugat merasa tak pernah diberitahukan atau menandatangani permohonan IMB yang dikeluarkan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Kota Yogyakarta.

Atas dasar itulah penggugat mengajukan gugatan pembatalan IMB SPBU Timoho ke PTUN. Tetapi ternyata pembangunan SPBU telah melalui proses perundangan, telah memenuhi tata ruang kota, UKL-UPL, analisis dampak lalu lintas dan izin lingkungan BLH kota Yogyakarta sehingga gugatan ditolak. (C-5)


Pin It on Pinterest

Read previous post:
Ikan Teri Sehatkan Jantung

NAMA ikan teri sudah tak asing lagi di masyarakat. Meski wujudnya kecil-kecil, teri diyakini mempunyai aneka manfaat kesehatan. Panjang tubuh

Close