Jembatan Kritis Terdesak Sedimentasi

Sukarelawan membersihkan sedimentasi di bawah jembatan Sungai Sepreh. (Foto: Abdul Alim)
Sukarelawan membersihkan sedimentasi di bawah jembatan Sungai Sepreh. (Foto: Abdul Alim)

KARANGANYAR (MERAPI) – Endapan sungai di Dusun Sepreh, Desa Sroyo, Jaten memicu kerusakan fondasi jembatan. Guna menormalisasinya, seratus lebih personel sukarelawan dikerahkan membersihkan sedimentasi itu. “Retakannya di permukaan jembatan sudah terlihat. Jangan sampai nanti tak ada penanganan. Bisa ambrol. Sebab, jembatan ini vital untuk mempersingkat perjalanan dari Sroyo, Ngringo menuju Kebakkramat atau sebaliknya,” kata Camat Jaten, Aji Pratama Heru K kepada wartawan di sela kerja bakti, Minggu (3/1).

Kondisi arus di bawah jembatan tak lagi lancar akibat endapan sedalam satu meter. Timbunan kayu gelondongan dan akar menyumbat aliran sungai. Apalagi, lalu lintas ramai angkutan pakan ternak makin membebani jembatan milik kabupaten itu.

Pantauan di lokasi, pembersihan endapan itu bukan perkara mudah. Tim relawan mendatangkan satu unit mobil crane untuk mengangkat material dari bawah jembatan ke jalan raya. Sebagian sukarelawan mengguyur sedimentasi dengan pompa air supaya mudah larut.

“Gotong royong ini sudah kali ketiga dalam sebulan. Kerjabakti sampai mengerahkan 150 orang dari Rendan, Polokendo, Polsek, Koramil dan warga sekitar. Sampah kayu sampai diangkut menggunakan lima truk,” katanya.

Aji berharap pemerintah Kabupaten Karanganyar melebarkan jembatan tersebut, dimana saat ini tak mampu dilewati simpangan mobil.

Usai mengangkut material sedimentasi, ia memerintahkan kerja bakti lanjutan dengan personel sukarela dari lingkungan sekitar.

“Di sekitar sini ada enam Rt. Masing-masing diminta 10 orang untuk membantu kerja bakti,” pungkasnya.

Warga Dusun Sepreh, Ngadino mengatakan endapan berupa akar dan potongan kayu berasal dari hulu. Ia memastikan warga sekitar tidak membuangnya di bawah jembatan.

“Itu dari hulu yang hanyut sampai sini. Dulunya, kami kewalahan membersihkan karena enggak ada alat angkut. Nah, sekarang diberi pinjam mobil crane milik pak Kades Sroyo. Sangat membantu,” katanya. (Lim)

Read previous post:
ilustrasi
Diduga Lakukan Curanmor, Tiga Anak Ditangkap

PURWOREJO (MERAPI) - Satreskrim Polres Purworejo menangkap tiga anak berinisial JT (16), KA (16) dan AS (15). Ketiga anak warga

Close