Diduga Lakukan Curanmor, Tiga Anak Ditangkap

ilustrasi
ilustrasi

PURWOREJO (MERAPI) – Satreskrim Polres Purworejo menangkap tiga anak berinisial JT (16), KA (16) dan AS (15). Ketiga anak warga Purworejo berstatus pelajar SMP hingga remaja putus sekolah itu diduga terlibat dalam kasus pencurian sepeda motor.

Kasat Reskrim Polres Purworejo AKP Haryo Seto Liestyawan SH mewakili Kapolres Purworejo AKBP Indra K Mangunsong SIK mengatakan aksi pencurian terjadi di jalan tepi persawahan Desa Pacor Kecamatan Kutoarjo, dengan korban Woro Priyatno, warga setempat. “Kejahatan yang melibatkan ketiga terduga pelaku anak itu terjadi Desember 2018,” ujarnya menjawab pertanyaan Merapi, Minggu (3/2).

Pencurian terjadi ketika korban pergi ke sawah mengendarai motor bebek berwarna merah. Sepeda motor diparkir di jalan tepi sawah, lalu korban ke ladangnya untuk bertani.

Kesempatan itu dimanfaatkan pelaku untuk mengambil motor korban. Korban menyadari motornya hilang ketika hendak pulang dari sawah. Woro melaporkan pencurian itu ke Polsek Kutoarjo.

Polisi melakukan penyelidikan dan didapat informasi pencurian diduga melibatkan ketiga pelaku. “Ketiganya kami amankan, kami proses dengan Pasal 362 KUHP tentang pencurian dengan ancaman penjara maksimal lima tahun,” ungkapnya.

Kepada polisi, para tersangka mengaku telah empat kali mencuri sepeda motor. Pelaku mengincar sepeda motor milik petani yang ditinggalkan di sawah dalam kondisi tidak dikunci stang atau kunci masih tergantung pada motor.

Namun karena diduga melibatkan anak, lanjutnya, polisi akan berhati-hati dalam menegakkan hukum. “Kami kedepankan mekanisme dengan menggunakan UU Perlindungan Anak dan sistemnya UU Sistem Peradilan Pidana Anak (UU SISPA). Meski pidananya lima tahun tapi para pelaku hanya dituntut maksimal 1/3 ancaman,” tandasnya. (Jas)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Terpeleset, Nenek Tenggelam di Sungai Jali

PURWOREJO (MERAPI) - Nenek Surip (75) warga RT 03 RW 01 Desa Winongkidul Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo tewas tenggelam di

Close