BAHAN ALAMI BERFAEDAH BAGI KESEHATAN MANUSIA (9) – Pacing Lawan Infeksi Saluran Kencing

MERAPI-SULISTYANTO Tanaman pacing mempunyai khasiat obat alami terutama bagian rimpangnya.
MERAPI-SULISTYANTO
Tanaman pacing mempunyai khasiat obat alami terutama bagian rimpangnya.

BERAGAM jenis bahan alami berfaedah bagi kesehatan manusia perlu terus disebarluaskan ke masyarakat. Dengan pemanfaatan aneka bahan alami, diharapkan bagian dari rasa syukur terhadap ciptaan Yang Maha Kuasa.

Suatu hal menggembirakan pula, di Indonesia cukup mudah menemukan aneka bahan alami berkhasiat baik bagi kesehatan. Sebagian bahkan masih mudah dicari di alam sekitar. Ketika harus membeli, harganya pun terjangkau berbagai kalangan. Selain itu untuk bahan alami dari tumbuhan, bisa menanam sendiri dan sewaktu-waktu dibutuhkan tinggal memetik.

Seperti dijelaskan Andri Jois di Merapi edisi sebelumnya, ia mempunyai sejumlah tanaman berkhasiat bagi kesehatan dan rutin dimanfaatkan. Satu di antaranya daun Afrika, antara lain dapat sebagai musuh kolesterol jahat, membantu menjaga kesehatan jantung, menghindarkan dari serangan hipertensi maupun kencing manis.

“Pemanfaatan tanaman ini terutama daun-daunnya. Meski pahit namun diyakini berkhasiat bagi kesehatan dan cara perbanyakkan tanaman tidak sulit, cukup dengan setek batang,” jelas Andri, baru-baru ini.

Ia pun meyakini daun Afrika ketika rutin dikonsumsi, misalnya direbus maupun diolah menjadi teh kesehatan, memiliki beberapa manfaat kesehatan alias berkhasiat. Sejulam manfaat lainnya, antara lain untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan membuat tekanan darah menjadi stabil. Salah satu resep yang digunakan, misalnya rutin mengkonsumsi air rebusan daun Afrika segar. Selain daun Afrika, daun saga dipercaya juga memiliki beberapa manfaat kesehatan, misalnya sebagai musuh batuk kering, sariawan, hipertensi dan jantung sering/mudah berdebar.

Sementara itu menurut Sunoto yang tinggal di kawasan Sidomoyo Sleman, jenis tanaman pacing sering dimanfaatkan sebagai tanaman hias. Tak kalah penting dapat juga dijadikan sebagai tanaman obat, sebab ada bagian tanaman yang dapat sebagai bahan alami untuk membantu mencegah maupun melawan keluhan kesehatan. Bagian tanaman yang berkhasiat, antara lain pada rimpangnya.

“Ketika mencari tulisan seputar manfaat tanaman pacing di internet cukup mudah. Buku-buku tentang tanaman obat pun ada yang mengupas khasiat dari tanaman pacing,” tandasnya.

MERAPI-SULISTYANTO Sunoto.
MERAPI-SULISTYANTO
Sunoto.

Khasiat dari rimpang pacing, antara lain sebagai peluruh kencing (diuretik), anti toksik, menghilangkan gatal dan peluruh keringat. Selain itu juga dapat digunakan untuk pengobatan bengkak-bengkak, karena sakit ginjal dan perut busung. Bahkan ikut membantu melawan infeksi saluran kencing, nyeri sewaktu kencing, pengerutan hati dan batuk rejan.

Resep sederhana yang bisa diterapkan, yaitu bagian rimpang tanaman pacing terlebih dahulu dicuci bersih. Setelah itu dipotong tipis-tipis, dikukus dan dikeringkan. Rimpang yang sudah kering, sewaktu-waktu dapat direbus dan airnya diminum. Lain halnya jika digunakan untuk melawan bisul, eksim dan abses. Cara yang diterapkan cukup membutuhkan rimpang pacing segar secukupnya. Lalu ditambah lagi rimpang kunyit satu buah serta air secukupnya. Bahan dipipis sampai berbentuk pasta dan hasilnya diborehkan pada bagian kulit yang sakit. (Yan)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
TERCIPTANYA PERAHU RAJAMALA (4-HABIS) – Mpu Brojoguno III Pembuat Keris Andalan

SYAHDAN Kanjeng Pangeran Adipati Anom kemudian jumeneng nata sebagai Sinuhun Paku Buwono V. Banyak punggawa setia berasal dari Madura, daerah

Close