POLISI PETAKAN KERAWANAN KAMPANYE-Parpol Ikut Tanggung Jawab Jika Terjadi Gesekan

MERAPI-TRI DARMIYATI Kapolretsa Yogyakarta Kombes Pol Armaini (tengah), Kepala Kesbang Yogyakarta Zenni (kanan) saat menyampaikan penjelasan dalam sarasehan penanganan konflik sosial Jogja Istimewa Tanpa Kekerasan
MERAPI-TRI DARMIYATI /Kapolretsa Yogyakarta Kombes Pol Armaini (tengah), Kepala Kesbang Yogyakarta Zenni (kanan) saat menyampaikan penjelasan dalam sarasehan penanganan konflik sosial Jogja Istimewa Tanpa Kekerasan

UMBULHARJO (MERAPI)- Potensi konflik Pemilu 2019 di Kota Yogyakarta telah dipetakan. Para pendukung peserta pemilu diharapkan tertib dalam melakukan kampanye, misalnya tidak melakukan konvoi sepeda motor dengan knalpot blombongan. Selain itu, partai politik juga harus ikut bertanggung jawab jika terjadi konflik atau gesekan, misal yang terjadi di Jogokariyan beberapa waktu lalu.
Kaporesta Yogyakarta Kombes Pol Armaini kepada wartawan, Jumat (1/2)mengatakan, pihaknya sudah menindak tegas dengan menilang konvoi sepeda motor blombongan para pendukung peserta pemilu di Kota Yogyakarta sepekan lalu.

Namun dia mengaku polisi masih dianggap tidak tegas. Padahal, lanjutnya, ada peserta konvoi yang tidak hanya melanggar knalpot blombongan seperti tak memakai spion, helm dan plat nomor kendaraan.
“Kemarin masih dikenai satu pasal dalam tilang, karena masih kasihan. Besok saya naikkan level tegasnya. Besok saya sesuaikan kesalahan (jumlah) pasalnya,” kata Kombes Pol Armaini, dalam sarasehan penanganan konflik sosial Jogja Istimewa Tanpa Kekerasan di Balaikota Yogya kemarin.

Untuk itu, kata dia, Polresta Yogyakarta sudah memetakan potensi konflik pemilu 2019 di Kota Yogyakarta yakni kampanye terbuka partai politik (parpol) dengan menggerakan massa, konfilk internal parpol dan antar parpol serta belum adanya jadwal pelaksanaan kampanye. Selain itu, sejarah konflik parpol yang pernah terjadi di Kota Yogyakarta pada pemilu 2014 dan daerah basis parpol yang berkonflik saling berdekatan. Dicontohkan basis parpol di Kota Yogyakarta seperti di wilayah Ngabean dan Jogokaryan.
“Seminggu lalu sudah terjadi konflik gesekan massa. Saat terjadi konflik saling tunding. Yang saya heran setelah konvoi massa, kondisi sudah kembali normal di antara pendukung. Tapi dampaknya pada generasi remaja (akar rumput) grassroot,” terangnya.

Menurutnya konflik dua kelompok bisa terjadi karena bertemunya niat dan kesempatan. Jika terjadi konflik maka yang diutamakan adalah penghentian dahulu. Termasuk berbagai potensi konflik dalam Pemilu 2019 yang dinilainya sudah mulai nampak karena perbedaan kepentingan. Pihaknya mengajak para peserta pemilu dan organisasi massa sayap partai yang diundang dalam kegiatan itu untuk ikut bertanggungjawab jika terjadi konflik.
“Sesuai undang-undang, konflik menjadi tanggung jawab semua pihak. Tidak hanya polisi. Kami juga kedepankan pencegahan, karena kalau sudah terjadi konflik akan menimbulkan kerugian dan dendam. Kami harap tidak terjadi konflik berulang,” tegas Kombes Pol Armaini.

Sementara itu Kepala Kantor Kesatuan Bangsa Kota Yogyakarta, Zenni Lingga mengatakan melalui kegiatan itu pihaknya mengajak semua pihak baik penyelenggara pemilu, peserta pemilu dan aparat utuk berkomitmen menjdi kondusivitas Kota Yogyakarta. Sedangkan dari sisi luasan Kota Yogyakarta kecil, sehingga jiak terjadi konflik mudah sekali persebarannya.
“Semua metode kampanye apapun perlu diwaspadai. Kejadian-kejadian kemarin menjadi pembelajaran. Kami harap ada tanggungjawab moral dari parpol, organisasi sayap parpol dan simpatisan,” papar Zenni.

Sedangkan Ketua Bawaslu Kota Yogyakarta Tri Agus Inharto menyampaikan kegiatan massa dengan konvoi motor blombongan bisa memicu emosi. Padahal masa kampanye terbuka baru dimulai 21 hari sebelum Pemilu. Dia berpendapat semua kecamatan memilik potensi konflik masing-masing. Untuk mengantisipasi kerawanan Pemilu pihaknya berkomunikasi dengn ormas dan tokoh masyarakat. Termasuk siapakan program kecamatan anti politik uang, anti hoaks dan anti ujaran kebencian.(Tri)

Read previous post:
BAHAN ALAMI BERFAEDAH BAGI KESEHATAN MANUSIA (8) – Daun Afrika Lawan Kolesterol Jahat

TETAP lestarinya pemanfaatan bahan-bahan alami, antara lain dipengaruhi karena memberi faedah atau manfaat kesehatan bagi manusia. Sebagian bahan alami berkhasiat

Close