Ditinggal Ayah untuk Selama-lamanya

image description

BERAT merawat orang tua yang sudah uzur. Namun bagi Sisar, dirinya merasa ringan saja menjaga dan merawat ayahnya, yang hanya tergolek di tempat tidur karena sakit faktor usia. Sisar merasa ini kesempatan baginya untuk membalas semua jasa orang tuanya sejak ia kecil hingga dewasa. Terlebih lagi sakitnya Pak Wiryo dipicu oleh kondisi Sisar belakangan, setelah bercerai dengan suaminya.

Setelah dirawat beberapa minggu di rumah sakit, Pak Wiryo memang sudah diperbolehkan untuk pulang. Rawat jalan dianggap lebih baik, agar bisa lebih dekat dengan keluarganya, mengingat kondisinya yang memang sudah sulit untuk bisa pulih kembali.

Beban Sisar sebenarnya semakin berat, karena sang ibunda juga sudah lemah kondisinya. Terpaksa ia harus merawat kedua orang tuanya sekaligus. Beruntung Rasti sudah agak besar sehingga bisa diajak berbagi beban, terutama setelah ia pulang sekolah. Semua itu tetap disyukuri Sisar, meski secara fisik harus menguras tenaga.

“Setidaknya Allah masih memberi kesempatan padaku untuk berbakti kepada orang tua. Semoga ini bisa menghapus dosa-dosaku yang lalu,” kata Sisar dalam hati.

Namun ketabahan Sisar akhirnya runtuh, ketika usai Subuh akan membersihkan tepat tidur ayahnya, ia menemui hal yang selama ini sangat ditakutkannya. Ia melihat Pak Wiryo tidak dalam posisi semestinya. Dicobanya untuk membangunkan ayahnya itu, namun tidak ada reaksi sama sekali. Dipegangnya tangan sang ayah, terasa masih sedikit hangat. Tapi Sisar bisa merasakan kalau ayahnya sudah tiada. Mungkin baru saja, karena saat akan salat Subuh, ia masih melihat ayahnya bergerak.

“Innalillahi wa inna ilaihi raji’un wa inna ila rabbina lamunqalibun
Allahumma uktubhu ‘indaka fil muhsinin waj’al kitabahu fi ‘illiyyin
wakhlufhu fi ahlihi fil ghabirin wala tahrimna ajrahu wala taftinna ba’dahu”

. Sisar berdoa sambil menahan sekuat hati untuk tidak menitikkan air mata. (Bersambung)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Pencegahan Penderita DBD, Tim Gabungan Terjun Galakan PSN

SUKOHARJO (MERAPI) - Petugas dari tim gabungan yang dipelopori Polres Sukoharjo dan Pemkab Sukoharjo turun ke lapangan melakukan sosialisasi kepada

Close