PEMKAB SIAPKAN DANA TAK TERDUGA – Rumah Supriyono Diratakan dengan Tanah

MERAPI-ATIEK WIDYASTUTI H Proses penanganan dampak cuaca ekstrim di Dusun Karangmojo Kalasan Sleman.
MERAPI-ATIEK WIDYASTUTI H
Proses penanganan dampak cuaca ekstrim di Dusun Karangmojo Kalasan Sleman.

SLEMAN (MERAPI) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman menyiapkan dana tak terduga untuk penanganan bencana sebesar Rp 5 miliar. Jika masih kurang, akan diupayakan untuk ditambah. Berbagai langkah kesiapsiagaan juga terus dilakukan mengingat cuaca ekstrim masih berpotensi terjadi dalam beberapa hari kedepan. Dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) juta mensiagakan petugas selama 24 jam. Mereka akan terus mengupdate informasi peringatan dini untuk diteruskan kepada masyarakat.

“Jika terjadi bencana, kami memprioritaskan penyelamatan jiwa masyarakat yang terdampak langsung. Mobilisasi personel dan peralatan bencana juga kita libatkan dalam melakukan penanganan,” ujar bupati, Jumat (1/2).

Selain tim dari BPBD dan relawan, tim medis juga siaga. Pemenuhan kebutuhan dasar bagi warga terdampak langsung juga dilakukan. Baik logistik pangan maupun non pangan. Untuk logistik pangan difasilitasi oleh Dinas Sosial (Dinsos), terutama jika ada pengungsi. Untuk fisik, dari BPBD maupun Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPKP) memiliki 370 unit Bronjong dan 4.000 karung pasir.

“Jika ada pohon tumbang dan menghalangi jalan, penanganannya dengan membuka akses. Termasuk juga segera mengevakuasi baliho yang ambruk agar tidak menganggu aktivitas masyarakat,” urainya.

Berdasarkan hasil penanganan di hari kedua di rumah Supriyono warga Karangmojo Desa Tamanmartani Kecamatan Kalasan Sleman, seluruh puing-puing bangunan sudah diratakan menggunakan dua alat berat. Depan rumah Sunardi dilakukan pengecoran tanah.

“Ada pengisian pasir ke karung untuk membuat tanggul darurat. Tepatnya di samping rumah Titis yang juga terdampak dari luapan aliran Sungai Pete. Untuk pasir dan batu diambil dari Sungai Gendol,” kata Sekretaris Desa Tamanmartani Toni Nugraha. (Awh)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Heboh Tabloid IB

BELAKANGAN ini Indonesia dihebohkan dengan beredarnya tabloid Indonesia Barokah (IB) yang isinya menyudutkan capres tertentu. Ribuan eksemplar tabloid ini disebar

Close