DITAHAN BARITOPUTERA 3-3 – PSS Lolos ke 16 Besar Piala Indonesia

SLEMAN (MERAPI) – PSS Sleman sukses merebut tiket babak 16 besar Piala Indonesia (PI) usai menahan imbang Barito Putera 3-3 pada leg kedua babak 32 besar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (31/1) malam. PSS lolos dengan agregat 5-4 setelah di laga pertama di kandang Barito Putera menang 2-1.

Tiga gol PSS dicetak Sidik Saimima, Ricky Kambuaya, dan Haris Tuharea. Sedangkan tiga gol tim tamu diceploskan Friska Womsiwor, Lucas da Silva, dan Yakob Sayuri.

PSS tampil percaya diri sejak awal babak pertama. Minus Asyraq Gufron di benteng pertahanan, Laskar Sembada kembali sukses meredam skema serangan Barito yang berpusat di Evan Dimas. Zamzani yang diduetkan dengan Ikhwan Ciptady tampil disiplin di benteng pertahanan. Barito Putera yang menurunkan Samsul Arif Munir dan Yakob Sayuri di lini depan kerap gagal melewati barisan pertahanan PSS. Sedangkan tuan rumah yang memusatkan lini serangan melalui duo sayap, Rangga Muslim dan Haris Tuharea beberapa kali sukses mengancam gawang yang dijaga Aditya Harlan.

Menit 20 PSS bahkan mampu menjebol gawang Barito Putera lewat sundulan Sidik Saimima memanfaatkan umpan Rangga Muslim. Unggul 1-0 PSS tidak menurunkan level permainan. Ricky Kambuaya, Haris Tuharea, dan Rangga Muslim menjadi momok bagi pertahanan Barito Putera. Namun Barito Putera mampu menyamakan kedudukan 1-1 menit 32 melalui Friska Womsiwor memanfaatkan kesalahan Ega Rizky yang gagal mengamankan bola.

Usai gol penyeimbang, Barito menguasai permainan. Lini tengah mereka mulai memberi ancaman dengan umpan ke kotak penalti PSS. Namun penonton tuan rumah yang bersorak setelah serangan balik PSS mampu diselesaikan Ricky Kambuaya untuk membawa PSS unggul 2-1 di menit 41.

Barito Putera mendapat dua peluang emas di awal babak kedua melalui Evan Dimas namun gagal menjadi gol. Menit 58 PSS harus bermain dengan 10 orang setelah Derry Rahman dikartu merah wasit lantaran sengaja menyentuh bola dengan tangan. Pelatih PSS, Seto Nurdiyantoro merespons dengan memasukkan Jajang Sukmara menggantikan Rangga Muslim.

Barito mampu menyamakan kedudukan melalui Lucas da Silva menit 69 melalui titik putih namun PSS kembali memimpin empat menit berselang melalui penalti Haris Tuharea. Wasit memberikan PSS penalti karena Andre Ibo menjatuhkan Ricky Kambuaya di kotak penalti.

Pemain Barito, Andre Ibo membayar kesalahan di menit 85. <I>Crossing<P>-nya dari sisi kiri PSS dituntaskan lewat sundulan dingin Yakob Sayuri yang membuat skor kembali sama kuat 3-3. Pertandingan tambah ketat di waktu tambahan. Barito Putera memasukkan Adi Setiawan untuk menambah daya gempur. Sementara Seto merespons dengan memasukkan Irham Mila menambah kerapatan di lini tengah. Keputusan Seto lebih jitu di mana PSS mampu menurunkan tensi pertandingan dan mengakhiri pertandingan dengan skor sama kuat.

Sementara itu manajemen PSS, Kamis (31/1) resmi mengikat kontrak 17 pemain. Mereka adalah Try Hamdani, Ega Rizky, Bagus Nirwanto, Dery Rahman, Jajang Sukmara, Asyraq Gufron, Ikhwan Ciptady, Zamzani, Dave Mustaine, Irham Milla, Wahyu Sukarta, Sidik Saimima, Haris Tuharea, Ricky Kambuaya, Nerius Alom, Kusheda Hari Yudo, dan Rangga Muslim.

“Para pemain ini dikontrak durasi satu musim kompetisi. Sesuai pembicaraan besok (hari ini) diikat kontrak. Sudah ada uang muka,” beber tutur Yohannes Sugianto, Humas PT Putra Sleman Sembada. Yohanes menambahkan manajemen masih berburu pemain. Rencananya untuk musim ini manajemen akan mengikat kontrak maksimal 25 pemain. “Untuk pemain asing sepertinya menunggu Coach Seto dan nantinya bersama manajemen melihat daftar nama yang sudah disodorkan itu,” sambung Yohanes. (Des)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
DISPORA YOGYASIAP AKOMODIR – Porda dan Peparda DIY Digelar Bersamaan

YOGYA (MERAPI) - Pelaksanaan Pekan Olahraga Daerah (Porda) dan Pekan Paralympic Daerah (Peparda) DIY 2019 bakal digelar bersamaan. Hal tersebut

Close