Tak Ada Kata Terlambat untuk Tobat

image description

KABAR bahwa Dirham sudah tinggal serumah dengan Rohana juga didengar Sisar. Hal itu makin menambah sakit hati Sisar, karena membuktikan bahwa Dirham memang sudah berniat menceraikan dirinya agar besa berhubungan dengan Rohana.

Bahkan soal penggerebegan oleh perangkat desa karena Dirham dianggap kumpul kebo pun didengar pula oleh Sisar.

“Mengapa Mas Dirham bisa melakukan tindakan sebodoh itu. Kalaupun mau nikah secera resmi, saya tidak akan keberatan. Silakan saja,” kata Sisar dalam hati.

Sisar sendiri sudah ridak ada niat sama sekali untuk mencari laki-laki lain sebagai ganti Dirham. Luka di hatinya sudah begitu dalam, karena merasa dikhianati setiap pria yang didekatinya. Baik Dirham yang resmi suaminya, maupun laki-laki lain yang sempat singgah di hatinya. Sisar sudah menyadari, kesenangan yang dikejarnya hanya bisa dirasakan sesaat. Setelah itu, hanya kegetiran yang didapatnya.

“Saya harus menebus semua kesalahanku, dengan lebih mendekatkan diri pada Gusti Allah. Untuk urusan duniawi, biarlah saya korbankan seluruh jiwa ragaku untuk mengantarkan Rasti ke jenjang kesuksesan,” kata Sisar pada dirinya sendiri.

Karena itu, setiap Sisar selalu mengajak bicara Rasti dari hati ke hati. Rasti yang sudah semakin besar, memang belum bisa menghilangkan rasa traumanya akan perlakuan ibu tirinya itu di masa lalu. Tapi karena rasa takutnya, maka Rasti tak pernah membantah apapun yang dikatakan Sisar.
Termasuk keinginan Sisar untuk memasukkan Rasti ke sekolah kejuaran, dengan harapan nantinya gampang mencari pekerjaan. Sisar tak yakin, dirinya bisa mendampingi putri angkatnya lebih lama lagi, sehingga Rasti harus benar-benar disiapkan untu hidup mandiri.

“Penyesalan datangnya selalu belakangan, tapi tak ada kata terlambat untuk memperbaiki diri, untuk bertobat. Sebelum benar-benar terlambat, saya harus melakukan sesuatu agar penyesalan tak sampai dibawa mati,” tegas Sisar. (Bersambung)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
MERAPI-ANTARA/HENDRA NURDIANSYAH Anggota SAR memantau aktivitas Gunung Merapi di Bukit Klangon, Cangkringan, Sleman, sehari usai dinaikkan statusnya jadi waspada, Selasa (22/5).
PERTAMA SEJAK LEVEL WASPADA-Merapi Keluarkan Awan Panas

UMBULHARJO (MERAPI)- Gunung Merapi mulai mengeluarkan guguran awan panas pertama setalah beberapa bulan ditetapkan statusnya pada level Waspada. Guguran awan

Close