KENALKAN KESENIAN TRADISIONAL PADA GENERASI MUDA – Warga Bekelan Sumbermulyo Gelar Wayang Kulit

Agus Sunaryo selaku Dukuh Bekelan kepada dalang Ki Kenci Wisnu Aji.
Agus Sunaryo menyerahkan wayang kepada dalang Ki Kenci Wisnu Aji.

DI tengah-tengah masyarakat, kegiatan pelestarian kebudayaan masih dilakukan untuk menjaga warisan para leluhur. Seperti penyelenggaraan pentas seni pelestarian budaya pada, Sabtu (26/1) oleh warga Dusun Bekelan Sumbermulyo Bambanglipuro Bantul. Pagelaran wayang kulit diawali dengan penyerahan wayang secara simbolis oleh Agus Sunaryo selaku Dukuh Bekelan kepada dalang Ki Kenci Wisnu Aji.

Malam tersebut, pagelaran wayang kulit mengambil lakon Mbangun Pertapaan Sapto Argo. Diharapkan melalui cerita ini masyarakat dapat mengambil pesan bahwa manusia hidup di dunia hendaknya dapat membangun jati diri yang kuat dan tangguh sehingga dapat membangun daerah dan bangsanya.

Suradal selaku anggota Komisi B DPRD Kabupaten Bantul mengatakan, lakon Mbangun Pertapaan Sapto Argo ini merupakan implementasi dari warga yang ingin membangun daerah Bekelan agar menjadi lebih baik secara agamis namun berbudaya.

“Kegiatan seperti ini diharapkan dapat mendorong regenerasi pelaku seni khususnya dunia pedalangan agar tetap ada.” Jelas dia.

Agus Sunaryo selaku Dukuh Bekelan menjelaskan, pentas seni pelestarian budaya menjadi sarana hiburan warga, upaya mengenalkan budaya tradisional kepada generasi muda, sekaligus untuk mempererat persatuan dan kesatuan antara warga Bekelan baik kaum muda dan tua melalui seni dan budaya.

RR.Titik Fatmadewi, S.Pd selaku Kepala Seksi Obyek dan Daya Tarik Wisata (ODTW) bidang Destinasi Dinas Pariwisata DIY berharap pagelaran wayang kulit dapat memberikan hiburan pada masyarakat.

“Sebagai upaya pelestarian budaya, acara yang dikemas menarik dan menghibur ini diharapkan dapat terus diminati berbagai kalangan masyarakat.” Ujar Titik.
Sebelumnya juga digelar pengajian yang menghadirkan KH Mustangin dari Wukirsari. Acara ini dihadiri tak hanya dari warga setempat, namun juga dari warga sekitar Dusun Bekelan. (*)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
ATR/BPN Temanggung Target Selesaikan 60 Ribu Bidang Tanah

TEMANGGUNG (MERAPI) - Kantor Agraria Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Temanggung mentarget dapat menyelesaikan pengukuran dan pembuatan sertifikat

Close