MENGACU PADA UU PEMILU – Pelayanan A5 Hingga H-30

MERAPI-ATIEK WIDYASTUTI H Warga sedang mengurus A5 di Kantor KPU Sleman.
MERAPI-ATIEK WIDYASTUTI H
Warga sedang mengurus A5 di Kantor KPU Sleman.

SLEMAN (MERAPI) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sleman masih membuka pengurusan formulir pindah memilih atau A-5 hingga 30 hari sebelum tanggal pemungutan, atau 17 Maret 2019. Hal itu sesuai dengan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu. Nama-nama ini nantinya akan dimasukkan dalam Daftar Pemilih Tetap tambahan (DPTb) yang tahap I rencananya akan ditetapkan tanggal 18 Februari 2019.

Sampai saat ini sudah lebih dari 328 formulir A5 yang dikeluarkan oleh KPU Sleman. Itu sudah termasuk yang dari sekolah atau lembaga pendidikan. Karena dari KPU Sleman juga melakukan jemput bola dengan mendatangi langsung lembaga yang berpotensi jumlah pemilih pendatangnya banyak. Sejauh ini sudah ada sekolah dan kampus yang didatangi KPU Sleman.

“Dari mereka ada yang mengajukan kepada kami. Terutama di sekolah untuk jenjang SMA/K. Terakhir pekan lalu kita ke SMA Muhammadiyah Boarding School (MBS) Prambanan, karena ada sekitar 300 pemilih potensial. Dan setengahnya sudah mendapat A5,” ujar Komisioner KPU Sleman Divisi Perencana, Data dan Informasi Indah Sri Wulandari, Senin (28/1).

Sedangkan yang datang langsung ke kantor KPU didominasi mahasiswa atau pekerja. Indah berharap, masyarakat yang memang mengurus A5 dapat segera datang ke kantor KPU Sleman. Karena waktunya masih cukup lama, sehingga tidak menimbulkan antrean.

Berdasarkan pengalaman Pemilu 2014 kemarin, dijelaskan Indah, ada sekitar 9.000 formulir A5 yang dikeluarkan KPU Sleman. Dan mayoritas mengurusnya menjelang batas akhir penutupan pendaftaran.

Lebih lanjut Indah menuturkan, setiap pemilih yang memproses A5 berhak atas surat suara yang berbeda. Jika yang bersangkutan dari luar DIY, maka hanya berhak menyoblos satu surat suara saja, yakni capres cawapres. “Semuanya sudah ada di dalam formulir. Yang bersangkutan berhak memilih berapa surat suara. Termasuk juga di TPS mana dia akan menggunakan hak pilihnya,” ungkap Indah. (Awh)

Read previous post:
Banjir Bandang dan Banjir Rawa Kepung Pati

PATI (MERAPI) - Air banjir bandang dan banjir rawa mulai mengepung sejumlah wilayah di kabupaten Pati. Di Kecamatan Dukuhseti dan

Close