NAMANYA DICATUT DI SPANDUK DUKUNGAN PILPRES – Sultan Serahkan ke Bawaslu

MERAPI-ISTIMEWA Sri Sultan Hamengku Buwono X
MERAPI-ISTIMEWA
Sri Sultan Hamengku Buwono X

DANUREJAN (MERAPI) –  Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X menyerahkan kewenangan kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) terkait penggunaan namanya pada spanduk yang berkaitan dengan dukungan salah satu pasangan calon (paslon) pemilihan presiden (pilpres) 2019.

“Ya tergantung penilaian KPU. Apakah itu melanggar undang-undang atau tidak. Kalau melanggar ya tentu harus ditindak. Kan bukan kewenangan saya,” terang Sultan saat ditemui di Kantor Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Senin (28/1).

Menurut Sultan, pencatutan namanya pada spanduk, lebih pada kalimat berupa semboyan. “Itu kan kalimatnya seperti semboyan. Bukan kemudian ada nama saya, terus kemudian dikaitkan. Tergantung dari Bawaslu nanti. Kalau saya keberatan tapi dari Bawaslu menilai itu tidak melanggar, ya tidak masalah,” katanya.

Disebutkan Sultan, adanya spanduk terkait pemilu tak perlu melalui pengaduan dari masyarakat. “Sebenarnya kan tak perlu ada pengaduan. Tinggal Bawaslu saja menilai,” tuturnya.

Sebelumnya elemen warga dari Indonesian Court Monitoring (ICM) mengadu ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DIY terkait spanduk bernuansa kampanye pemilihan presiden yang diduga tak berizin. Spanduk bertuliskan ‘Sultan Gubernurku Jokowi Presidenku’ itu dinilai sebagai alat peraga kampanye (APK) terselubung.

“Spanduk bernuansa pilpres. Kami menduga motifnya agar memberi kesan pada publik kalau Gubernur DIY memihak calon tertentu di Pilpres 2019,” kata Direktur ICM Tri Wahyu.

Pihaknya menduga di spanduk tidak menyebut identitas pemasang karena untuk mengakali Undang-undang Pemilu dan Undang-undang Keistimewaan DIY. Dia beralasan itu karena gubernur seharusnya bersikap netral dalam Pemilu. (Oro)

Read previous post:
ilustrasi
TERJARING RAZIA SATPOL PP-Pemandu Karaoke Sembunyikan Identitas

WATES (MERAPI) - Lima wanita pemandu karaoke atau kerap disebut LC (ladies companion) diamankan petugas Satpol PP Kulonprogo saat melayani

Close