PEMILU SEMAKIN DEKAT – Pemkab Sleman Waspada Hoax

MERAPI-ATIEK WIDYASTUTI H Hery Dwi Kuryanto.
MERAPI-ATIEK WIDYASTUTI H
Hery Dwi Kuryanto.

SLEMAN (MERAPI) – Mendekati pelaksanaan Pemilu 2019, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sleman mulai antisipasi terhadap peredaran berita tidak benar atau hoax. Apalagi saat ini juga sudah masuk masa kampanye.

“Digital dan media sosial itu memiliki peran strategis dalam mendukung pelaksanaan Pemilu 2019. Namun, tidak menutup kemungkinan disalahgunakan untuk menyebarkan informasi yang tidak benar,” ujar Kepala Kesbangpol Sleman Hery Dwi Kuryanto, Senin (21/1).

Sejauh ini dari Pemkab Sleman terus berupaya menjalin komunikasi dengan kelompok masyarakat dalam memerangi berita hoax. Mulai dari menjalin mitra dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) hingga karang taruna.

Dalam pertemuan tersebut sering disampaikan hal-hal yang terjadi saat ini. Mulai dari tahapan Pemilu, hingga yang lain. Ini sebagai bentuk pencegahan dini terhadap potensi konflik sosial yang akan terjadi.

“Bisa dibilang saat ini tensinya memang sering tinggi. Apalagi Pemilu sudah semakin dekat. Dan ini harus dijaga dengan baik. Untuk itu kami terus menjalin kerjasama dengan semua pihak. Harapannya masyarakat juga dapat ikut menjaga agar situasi keamanan di Kabupaten Sleman dapat terus terjaga,” ujarnya.

Selain ujaran kebencian yang berujung penyebaran berita tidak benar atau hoax, yang juga perlu diantisipasi adalah kampanye hitam. Karena menurut Hery, kampanye hitam itu biasanya tidak berdasarkan data. Sedangkan kampanye negatif, itu ada data dan sengaja disebarkan untuk menjatuhkan lawan politik. (Awh)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Dusun Muneng Gelar Pentas Seni Budaya

RATUSAN warga berbagai kalangan berkumpul di sebuah area yang luas, guna menyaksikan gelar pentas seni budaya Dusun Muneng Tirtohargo Kretek

Close