Dusun Muneng Gelar Pentas Seni Budaya

RATUSAN warga berbagai kalangan berkumpul di sebuah area yang luas, guna menyaksikan gelar pentas seni budaya Dusun Muneng Tirtohargo Kretek Bantul, Minggu (20/1). Acara yang diselenggarakan dari pagi hingga sore hari tersebut menampilkan kesenian tradisional, yakni tari-tarian, hadroh dan jathilan dari Paguyuban Kemuning Kudo Bawono.

Selama empat babak pementasan, gelar pentas seni budaya menampilkan seni tradisional jathilan klasik dan modern. Sejumlah delapan laki-laki tampil atraktif menari mengikuti irama musik.

Syaiful Hadi selaku tokoh pemerhati seni budaya mengatakan, gelar pentas seni budaya menjadi sebuah upaya pelestarian kesenian tradisional terutama jatilan reog yang ada di Dusun Muneng. Menurutnya, jathilan dengan beberapa versi yang ditampilkan akan menambah minat masyarakat untuk menyaksikan atraksi kesenian tersebut.

“Sebelum pementasan jatilan, mulai pukul 09.00 WIB masyarakat dihibur dengan tari Sri Manganti dan Sri Kembar disusul dengan kesenian hadroh Jamuro. Acara dilanjutkan dengan kesenian jathilan Kemuning Kudo Bawono hingga sore pukul 17.00 WIB” jelas Syaiful.

Acara yang diselenggarakan oleh warga masyarakat Dusun Muneng bersama dengan Dinas Pariwisata DIY ini merupakan salah satu bentuk dukungan pemerintah untuk memberikan semangat bagi para pelaku seni kesenian tradisional untuk mendongkrak sektor pariwisata disamping ajang hiburan untuk masyarakat.

Rr. Titik Fatmadewi, S.Pd selaku Kasi Obyek dan Daya Tarik Wisata Bidang Destinasi Dinas Pariwisata DIY berharap, dengan adanya dukungan dan fasilitasi dari Dinas Pariwisata DIY dapat menumbuhkan kreativitas bagi masyarakat yang ada di Dusun Muneng.

“Kami harapkan inovasi dapat lebih ditingkatkan agar kesenian-kesenian setempat dapat dikenal oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Hal tersebut sesuai dengan visi pemerintah DIY untuk mewujudkan Yogyakarta sebagai salah satu destinasi terkemuka di Asia Tenggara pada tahun 2025.” Ujar Titik. (*)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
MERAPI-Atiek Widyastuti H Tryout UNBK di SMAN 1 Kalasan.
SMAN 1 Kalasan Gelar Tryout UNBK

KALASAN (MERAPI) - Ratusan siswa kelas XII SMAN 1 Kalasan mengikuti tryout Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Senin (21/1). Tryout

Close